Resep Bumbu dan Cara Membuat Kwetiau Goreng Lezat Namun Praktis

Senin, 14 Juni 2021 | 00:10:46

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Resep Bumbu Dan Cara Membuat Kwetiau Goreng Lezat Namun Praktis

Foto: Blog/Dapurkobe.co.id

Kwetiau kerap menjadi pilihan menu sarapan keluarga saat bosan makan nasi. Menu ini juga digemari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Meski merupakan kuliner khas Tiongkok, namun kwetiau banyak ditemukan di Indonesia, baik di pedagang kaki lima maupun di restoran mewah. 

Varian mie asal Tiongkok ini cukup banyak, diantaranya kwetiau bakso pedas, kwetiau kuah, kwetiau goreng penang, dan masih banyak lagi. Nah, kwetiau ini bisa lho dimasak di rumah, tanpa harus beli dengan harga mahal. Masing-masing varian kwetiau memiliki perbedaan, entah dari bumbunya, dari isiannya, hingga tampilannya. 

Salah satu yang menjadi favorit untuk sarapan di rumah yaitu kwetiau goreng. Cara masak kwetiau goreng sangat mudah, bahan yang diperlukan pun cukup sederhana. Berikut ini akan disajikan resep bumbu dan cara membuat kwetiau goreng yang bisa Anda ikuti. 

Resep kwetiau goreng

Bahan:

      1. 300 gr kwetiau basah yang sudah dicuci bersih

      2. siung bawang putih yang dicincang kasar

      3. ½ buah bawang bombay yang diiris panjang

      4. 1 butir telur dan dikocok lepas

      5. 3 batang sayur caisim, bersihkan, dan potong-potong

      6. 1 sdt garam

      7. ¼ sdt merica bubuk

      8. Penyedap rasa secukupnya

      9. 1 batang daun bawang dan iris miring

      10. 50 ml air biasa

      11. 1 sdm minyak.

Bahan perendam kwetiau:

     1. 1sdm kecap ikan

     2. 3 sdm kecap manis

     3. ½ sdt minyak wijen.

Bahan perendam tersebut merupakan kunci dari kelezatan kwetiau. 

Cara membuat kwetiau goreng praktis:

     1. Lumuri kwetiau yang sudah bersih menggunakan bumbu perendam, lalu sisihkan

     2. Panaskan minyak, masukkan irisan bawang bombay,tumis rata. Beberapa saat kemudian, masukkan bawang putih, lalu tumis kembali. Jika sudah mulai harum, sisihkan bawang-bawangan di pinggir wajan

     3. Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk hingga berbutir. Campurkan dengan bawang-bawangan yang disisihkan tadi

     4. Masukkan caisim dan aduk hingga setengah layu

     5. Masukkan air, kemudian aduk rata

     6. Tambahkan kwetiau bersama bumbu perendamnya

     7. Tambahkan garam dan merica bubuk, dan penyedap rasa, lalu aduk sampai matang

     8. Koreksi rasa kwetiau, dan tambahkan seasoning jika dirasa kurang

     9. Masukkan daun bawang dan aduk hingga tercampur rata

    10. Sajikan kwetiau goreng. 

Resep bumbu dan cara membuat kwetiau goreng di atas cukup sederhana bukan? Dengan resep sederhana dan praktis, bisa menghasilkan sajian lezat nan menambah nafsu makan. Akan lebih nikmat jika isian ditambahkan sesuai selera Anda, seperti sosis, bakso, udang, suwiran ayam, dan masih banyak lagi. Pilihan sayur yang digunakan pun tidak hanya caisim saja, melainkan sawi, tauge, kucai, dan sebagainya. 

Nah, bagi pecinta seafood dan ingin mencampurkannya pada kwetiau, pastikan dahulu seafood telah dicuci bersih serta diberi perasan jeruk nipis agar tidak ada bau amis. 

Untuk bumbunya, selain dicincang atau diiris tipis, bumbu kwetiau goreng boleh dihaluskan menggunakan ulekan agar lebih tercampur rata. Bumbu yang dihaluskan pun dinilai lebih mantap rasanya dibanding bumbu iris. Bagi Anda yang suka pedas, bisa tambahkan cabe pada bumbu kwetiau goreng. 

Tambahkan pula taburan bawang goreng dan kerupuk di atas kwetiau goreng agar lebih nikmat. Untuk menambah kesegaran, beri irisan timun atau tomat pada pinggiran piring. Irisan tersebut sekaligus bisa menjadi garnish atau hiasan makanan yang disajikan. 

Dengan begitu, tampilannya lebih menarik serta menggugah selera. 

Mudah sekali bukan resep bumbu dan cara membuat kwetiau goreng? Dengan bahan sederhana serta modal seadanya, Anda bisa mendapat mie khas Tiongkok yang kelezatan rasanya sekelas dengan restoran mewah.