Resep Iga Bakar Lezat, Cocok Untuk Iduladha!

Sabtu, 9 Juli 2022 | 09:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Resep Iga Bakar Lezat, Cocok Untuk Iduladha!

Ilustrasi iga. (Special)

Ladiestory.id - Iduladha sudah di depan mata. Ladies, kalian sudah kepikiran menu untuk Iduladha belum? Selain tongseng dan gulai, iga bakar juga bisa jadi pilihan menu untuk temani Iduladha bersama keluarga loh.

Memasak iga bakar memang sedikit memerlukan teknik agar hasilnya seperti ala restoran mewah. Namun, jangan khawatir! Ladiestory.id punya beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat iga bakar yang lezat.

Alat dan bahan yang kamu perlu siapkan adalah:

  • Iga
  • Garam
  • Lada
  • Saus barbekyu
  • Panggangan
  • Kuas tahan panas
  • Jepitan
  • Talenan
  • Pisau

Siapkan Iga

Ilustrasi iga (Special)

Pertama-tama, siapkan iga yang akan kalian panggang. Potong-potong iga sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Untuk tekstur yang lebih lunak, kalian bisa terlebih dahulu merebusnya. Namun, hal ini tidak wajib dilakukan. Karena jika kalian langsung memanggang iga dengan suhu yang rendah, tekstur iga juga akan lebih baik. Bahkan akan memberikan rasa khas berasap jika kalian langsung memanggangnya.

Membumbui Iga

Ilustrasi iga. (Special)

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membumbui potongan iga dengan garam dan lada secukupnya. Akan lebih baik lagi jika hal ini dilakukan sehari sebelum iga dipanggang sehingga bumbu akan lebih meresap dengan baik ke dalam daging.

Menyiapkan Panggangan

Ilustrasi iga. (Special)

Siapkan alat pemanggang dengan memanaskannya. Untuk alat panggangan khusus, disarankan menggunakan suhu 300 derajat F. Namun, untuk pengguna kompor, nyalakan api hanya pada bagian pinggirnya saja dengan nyala api medium.

Memanggang Iga

Ilustrasi iga. (Special)

Panggang iga sampai dagingnya empuk. Hadapkan iga ke bagian panggangan dengan api yang kecil. Hal ini agar iga dapat matang sempurna. Jangan lupa juga untuk membolak-balik iga yang sedang dipanggang. Direkomendasikan untuk memanggang iga sekitar satu setengah atau dua jam, tergantung dengan tebal daging.

Beri Bumbu Saat Memanggang

Ilustrasi iga (Special)

Terakhir, olesi iga dengan saus barbekyu. Oleskan bumbu secara merata dengan membolak-balik daging menggunakan jepitan. Panggang iga hingga saus mengkaramel dan kental. Biarkan saus sedikit hangus di beberapa bagian untuk rasa yang lebih khas. 

Tunggu sampai matang dan iga bakar siap disajikan untuk disantap bersama keluarga.