Resep Membuat Roti Tawar Lembut Dan Mengembang Sempurna Ala Rumahan

Minggu, 5 September 2021 | 07:38:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Membuat Roti Tawar Lembut Dan Mengembang Sempurna Ala Rumahan

Foto: Ladiestory.id

Roti tawar merupakan salah satu roti yang terbuat dari campuran tepung gandum dan berwarna agak kecokelatan. Roti tawar biasanya dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari bagi kebanyakan orang.

Roti tawar ini mudah ditemukan di banyak supermarket. Kalo kamu malas membelinya dan lebih ingin membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa mencoba membuat roti tawar yang lembut dan mengembang sempurna dengan resep dan cara yang sederhana.

Cara Membuat Roti Tawar Lembut dan Mengembang

resep roti tawar
Foto: Ladiestory.id

Resep ini hanya membutuhkan beberapa bahan saja, seperti tepung, susu, air, ragi, gula, dan garam. Semua bahan yang disebutkan adalah bahan dasar membuat roti yang sangat mudah dicari. Yuk kita intip resep membuat roti tawar yang simpel dan mudah.

Bahan-bahan membuat roti

236 ml susu.

2 sdm mentega.

354 ml air hangat.

7 gr atau 1 sdm ragi kering aktif.

2 sdm gula.

1 sdm garam.

780-910 gr tepung roti

Langkah pembuatannya

STEP 1 (Mencampur seluruh bahan)

1. Beli dan kumpulkan semua bahan kemudian siapkan panci.

2. Masukkan susu dan mentega kedalam panci kecil kemudian masak dengan api sedang. Lalu angkat dari api saat mentega meleleh dan sisihkan sampai nanti dingin.

3. Siapkan mangkok kecil, lalu tuang air hangat sebanyak 118 ml ke dalam mangkok kecil. Lalu jangan lupa masukkan ragi secara perlahan ke dalam mangkuk sambil diaduk. (Usahakan aduk dengan konstan saat menambahkannya supaya ragi tidak menggumpal).

4. Sisihkan campuran ragi tadi selama sekitar 5 menit. Kemudian siapkan mangkuk besar, gula, garam, dan sisa air hangat.

5. Setelah semua bahan siap. Masukkan gula, garam, dan sisa air hangat kedalam mabgkok besar. Campur hingga semua bahan tercampur dengan rata.

6. Periksa panci berisi susu dan mentega. Jika sudah agak dingin saat disentuh, tuangkan cairan susu dan mentega tadi ke dalam mangkuk besar dan aduk kembali.

7. Tuang campuran air dan ragi tari ke dalam mangkuk besar. Usaha menuangkan ragi saat adonan hangat, bukan mendidih panas. Jika Cairan panas, maka bakteri yang ada dalam ragi akan terbunuh dan roti tidak akan mengembang.

8. Campur tepung roti yang ada sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut, jika sudah naka adonan akan mulai terlihat kaku dan sulit mencampurkannya bila dengan sendok kayu.

9. Setelah itu sebaiknya uleni adonan dengan tangan (sebelumnya cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih).

10. Kemudian keluarkan adonan dan tempatkan di atas papan yang sudah ditaburi tepung dan mulailah menguleni adonan.

11. Jika ada sisa tepung tambahkan saja ke dalam adonan dan uleni sampai adonan halus dan tidak lengket lagi. Tidak perlu memasukkan semua tepung ke dalam adonan. (Jumlah tepung yang dibutuhkan nantinya tergantung suhu dan kelembaban ruangan).

12. Olesi mangkuk besar dengan mentega atau minyak sayur (usahan ukuran mangkuk yang digunakan berukuran 2 hingga 3 kali lebih besar dari adonan).

13. Setelah itu masukkan adonan roti ke dalam mangkok lalu balik adonan agar bagian atas adonan ikut terlumuri minyak.

14. Kemudian tutupi mangkuk dengan handuk dapur yang bersih dan biarkan adonan mengembang pada suhu ruangan hingga ukurannya dua kali lipat selama kurang lebih satu jam.

STEP 2 (Menguleni dan membentuk roti)

1. Setelah adonan mengembang, ambil kemudian uleni dan bentuk kembali.

2. Tekan dan pukul adonan kemudian balik ke papan yang sudah ditaburi tepung dan uleni kembali selama sekitar 5 menit.

3. Setelah itu bagi adonan menjadi dua bagian, lalu bentuk masing-masing bagian menjadi roti dengan menggulung adonan berbentuk persegi panjang.

4. Setelah adonan digulung, jepit bagian tengahnya lalu cubit dan selipkan ujung-ujungnya di bawah roti.

STEP 3 (memanggang Roti)

1. Panaskan oven hingga suhu 375 derajat fahrenheit atau 190 derajat celcius.

2. Selagi memanaskan oven, oles dengan tipis dua loyang roti dengan tepung jagung kuning di atas loyang roti, jika diinginkan.

3. Kemudian tempatkan roti di atas loyang dan tutupi dengan handuk dapur dan biarkan adonan mengembang hingga dua kali lipat (sekitar 30 menit).

4. Setelah itu mulai memanggang roti selama kurang lebih 45 menit atau sampai kulit roti berwarna cokelat keemasan.

5. Setelah di rasa roti matang, keluarkan dari oven dan tempatkan di rak dapur yang bersih.

6. Biarkan roti menjadi dingin, setelah dingin baru potong tipis-tipis berbentuk persegi seperti yang dijual di supermarket.

Membuat Roti Tawar ala Rumahan

Nah itu dia cara membuat roti tawar yang biasa kita makan saat sarapan atau sebagai bekal. Jika bosan dengan rasa itu-itu saja kamu bisa menjadikan roti tawar sebagai sandwich dengan menambahkan telur/daging ke dalamnya kemudian beri saus dan sayur supaya lebih menarik atau bisa kamu jadikan roti bakar dengan selai.

Berita Terkait