Resep Mudah Membuat Chawanmushi Enak Ala Jepang

Jumat, 6 Agustus 2021 | 05:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Mudah Membuat Chawanmushi Enak Ala Jepang

Foto: Instagram/co2x5_homecooking

Peserta MasterChef Indonesia Season 8 ditantang membuat tiga masakan telur khas Jepang pada babak Pressure Test. Tiga makanan tersebut yaitu chawanmushi, tamagoyaki, dan omurice.

Bahan utama ketiga hidangan tersebut yakni telur, walau terdengar mudah, hak ini membutuhkan teknik khusus guna menjadikan masakan telur khas Jepang jadi enak.

Negara Bunga Sakura memang mempunyai banyak makanan khas yang telah terkenal secara mendunia, salah satunya sushi. Selain sushi, ada lagi makanan yang sama lezatnya dengan sushi namun cara membuatnya tidak seribet sushi. Namanya yaitu Chawanmushi.

Dilansir dari wikipedia, chawanmushi adalah makanan Jepang yang dibuat dari campuran telur ayam dan dashi yang dikukus di dalam mangkuk. Makanan ini dihidangkan bersama mangkuknya dan dimakan sebagai makanan pembuka.

Ketika matang, Chawanmushi disajikan secara langsung dengan mangkuk yang dipakai guna mengukus. Di negara asalnya, hidangan ini dihidangkan menjadi makanan pembuka.

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Daripada sushi yang membutuhkan banyak waktu dan bahan, Chawanmushi jauh lebih simple. Chawanmushi merupakan telur kukus ala Jepang yang dikukus langsung pada gelas tanah liat. Chawanmushi memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga kerap dibuat MPASI bayi.

Tetapi, chawanmushi pastinya juga enak disantap bagi orang dewasa. Chawanmushi, merupakan bahasa keren dari telur kukus. Hidangan ini umum diperoleh di restoran restoran Jepang sebagai menu appetizer.

Cara membuat makanan yang satu ini sangat mudah dan dapat disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Bahan :

  1. 2 butir telur kecil
  2. 1 gelas kaldu ayam
  3. 1 sdm kecap asin
  4. Merica bubuk secukupnya
  5. Gula secukupnya
  6. Udang,
  7. Jamur,
  8. Kacang polong sesuai selera
foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Cara membuat Chawanmushi ala Jepang

  1. Masukkan udang, jamur, serta kacang polong ke dalam dua gelas.
  2. Pada wadah lain, campur kaldu dengan kecap asin, merica, dan gula.
  3. Kocok perlahan telur di dalam mangkuk, jangan sampai terdapat udara yang masuk.
  4. Masukkan kaldu ke dalam campuran telur perlahan-lahan sembari dikocok.
  5. Masukkan campuran telur ke dalam dua gelas, isi 3/4 gelas.
  6. Siapkan kukusan dan biarkan panas.
  7. Kukus chawanmushi dengan api besar dalam waktu tiga menit. Kukus lagi dengan api kecil selama 10 menit sampai matang.
  8. Angkat lalu sajikan. Dapat disajikan dengan dingin waktu musim panas dan sajikan hangat pada musim dingin.

Itulah bahan dan cara membuat chawanmushi ala jepang dengan mudah.

Tak hanya dapat berhemat, gizi keluarga juga akan terlengkapi dengan memakan telur. Pembuatannya yang dikukus juga membuat Chawanmushi lebih sehat dibandingkan telur goreng biasanya.

Chawanmushi merupakan hidangan pembuka (appetizer) khas Jepang yang berasal dari puding telur kukus dan penuh dengan isian seperti udang, ikan, jamur shitake dan sayuran.

Makanan ini sesederhana mencampur telur dan kaldu serta menambahkan beberapa sayuran sebelum mengukusnya dalam cangkir. Untuk pengalaman bersantap chawanmushi otentik Jepang, sajikan suguhan lezat ini dalam cangkir kecil.

foto:instagram/sharingmama
Foto: Instagram/sharingmama

 

Chawanmushi telah dikenal di Jepang semenjak zaman kuno. Hidangan ini termasuk ke dalam makanan untuk segala musim, dihidangkan dingin di musim panas maupun sewaktu masih hangat di musim dingin. Tesktur Chawanmushi yang lembut layakya puding custard disukai oleh anak-anak dan orang tua.

Chawanmushi yang di dalamnya dicampur udon disebut Odamaki mushi (Odamaki udon).