Resep Shawarma, Olahan Daging Kambing ala Timur Tengah yang Anti-Mainstream

Senin, 11 Juli 2022 | 13:00:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Resep Shawarma, Olahan Daging Kambing Ala Timur Tengah Yang Anti-Mainstream

llustrasi shawarma, makanan khas Timur Tengah. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu bosan dengan resep masakan daging kambing yang bersantan dan berminyak? Jika ya, kamu bisa mencoba resep shawarma daging kambing ala Timur Tengah.

Mungkin, kamu merasa asing dengan nama shawarma. Apa itu shawarma?

Apa Itu Shawarma?

Ilustrasi irisan daging kambing. (Special)

Secara sederhana, Shawarma adalah sejenis sandwich yang berisi irisan daging, seperti sapi, domba, kambing atau ayam, dicampur dengan sayuran, dan kadang ditambah saus tahini, yakni pasta yang terbuat dari biji wijen. Berbeda dengan Western sandwich yang biasanya menggunakan roti tebal, shawarma menggunakan pita bread, sejenis roti beragi berbentuk bulat pipih yang terbuat dari tepung terigu, umumnya dikonsumsi oleh masyarakat di kawasan Timur Tengah, Mediterania dan sekitarnya.    

Resep Shawarma Daging Kambing

Agar tak penasaran, ada baiknya kamu langsung mencoba masakan ini. Berikut Ladiestory.id merangkum resep masakan shawarma daging kambing ala Timur Tengah.

Bahan-bahan

Ilustrasi bahan-bahan Shawarma. (Shutterstock.com)
  • 1 potong daging kaki kambing seberat 1,8 kg
  • 6 siung bawang putih sedang, kupas, lalu haluskan dengan sisi pisau yang berat atau pemeras bawang putih
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 sdt garam
  • 1½ sdt pala bubuk
  • 1½ sdt kapulaga bubuk
  • 1½ sdt paprika bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt jintan
  • ½ sdt cabai rawit

Cara Membuat

  1. Campur bawang putih, minyak zaitun, garam, pala, kapulaga, paprika, kayu manis, jintan dan cabai rawit dalam mangkuk kecil. Oleskan ke seluruh kaki kambing. Setelah itu, letakkan kaki kambing yang telah dilumuri rempah-rempah tadi di wajan panggang yang besar dan berat. Biarkan kaki kambing di wajan tersebut sehingga rasa campuran rempah-rempah meresap ke dalam daging pada suhu kamar.
  2. Atur rak di tengah oven dan putar oven hingga 1750C. Ini akan memakan waktu sekitar 15 menit.
  3. Panggang kaki kambing bersama wajan yang tadi digunakan untuk mengolesi rempah-rempah sampai termometer instan yang dimasukkan ke dalam bagian daging yang paling tebal tanpa menyentuh tulang mencatat suhu 710C. Kondisi ini bisa tercapai setelah daging dipanggang selama sekitar 2 jam. Pindahkan kaki kambing ke talenan atau wadah datar untuk mengiris daging dan biarkan terlebih dahulu selama 10 menit sebelum diproses lebih lanjut.
  4. Iris daging yang telah matang. Caranya posisikan kaki kambing di atas talenan dengan sisi permukaan daging yang lebih tebal menghadap ke atas. Mulai dari ujung kaki yang dagingnya lebih tebal, iris daging berlawanan arah dengan arah seratnya. Jika kamu mengambil irisan tipis dari atas, kamu akan melihat kemana serat daging mengarah, seperti serat kayu. Sekarang, posisikan kaki kambing sehingga kamu mengiris pada sudut 900 terhadap posisi kemana serat mengarah. Tapi inilah bagian yang sulit: ada beberapa gumpalan otot di kaki. Setelah kamu melewati satu, serat akan berubah ke arah yang berbeda di bagian lain. Kamu harus terus memutar kaki untuk mengiris daging tipis-tipis melawan serat. Memang akan ada trial and error di sini, tetapi jangan khawatir: tidak ada yang akan tahu perbedaannya jika beberapa irisan searah dengan serat daging.

Cara Menyajikan

  • Dikemas dalam Gulungan Pita Bread
Ilustrasi shawarma daging kambing. (Special)

Menurut tradisi di Timur Tengah, shawarma biasa disajikan dengan cara dimasukkan dalam gulungan pita bread. Isian pita bread itu dilengkapi pula dengan saus tahini, hummus atau pasta kental yang terbuat dari kacang buncis, biji wijen, minyak zaitun, lemon dan bawang putih, tabbouleh atau semacam salad, bulgur atau sejenis sereal, ditambah dengan fattoush atau salad khas Timur Tengah, salad tomat, mentimun dan acar yang membuatnya lebih menarik.

  • Dihidangkan sebagai Main Dish di atas Piring
Ilustrasi non Gluten Shawarma. (Special)

Shawarma dapat pula disajikan di atas piring dengan berbagai macam dressing, seperti pada penyajian dalam pita bread. Bahan dressing itu terdiri dari saus tahini, hummus, tabbouleh, bulgur, ditambah dengan fattoush, salad tomat, mentimun dan acar yang membuatnya lebih menarik.