Mudah Dibuat di Rumah, Ini Resep Siomay Ala Pedagang Keliling

Kamis, 16 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Mudah Dibuat di Rumah, Ini Resep Siomay Ala Pedagang Keliling

Foto: Ladiestory.id

Sore hari memang paling nikmat menikmati jajanan yang hangat yang gurih, apalagi jika bukan siomay. Tapi, percaya atau tidak, siomay abang-abang yang dijual dengan gerobak atau sepeda mempunyai cita rasa yang unik dan otentik.

Resep Siomay Lezat

Walaupun terdapat gosip dan informasi bertebaran mengenai siomay ikan sapu-sapu dan lain sebagainya, rasa dari racikan siomay abang-abang keliling tidak dapat diragukan dan tergantikan.

Namun sebetulnya kamu dapat membuat siomay layaknya abang-abang keliling di rumah sendiri lho, Resepnya mudah dan cukup praktis untuk dibuat.

Foto: Ladiestory.id

 

Bahan Siomay

350 gr daging ayam cincang

250 gr daging ikan cincang, dapat memakai tuna, tengiri atau ikan dengan daging putih

250 gr labu siam, kukus lalu parut atau haluskan

80 ml santan kental instan

500 gr tepung tapioka / kanji

1 butir telur, kocok lepas

1 batang daun bawang, cincang halus

Bumbu Halus

 

1 sdt merica butiran

7 butir bawang merah

5 butir bawang putih

2 sdt garam

2 sdm gula pasir

1 sdt kaldu bubuk

 

Bahan Saus Kacang

300 gr kacang tanah, goreng hingga matang

5 siung bawang putih

5 buah cabai merah keriting

3 butir cabai rawit

3 sdm gula jawa, sisir

2 sdm air asam jawa

2 sdt garam

500 ml matang udara

Pelengkap

Jeruk limau, iris

Saus sambal

Kecap manis

Foto: resepistimewa

Langkah Langkah

1. Sediakan semua bahan siomay, lalu masukkan daging ayam dan daging ikan ke dalam food processor serta haluskan. Sesudah daging ayam dan daging ikan tercampur rata dan halus, pindahkan ke tempat yang besar.

2. Sesudah dipindahkan ke tempat besar, berikan santan kental ke dalam adonan, aduk kembali sampai rata.

3. Kukus labu sampai matang, sesudah itu parut atau haluskan dengan food processor. Berikan juga daun bawang dan haluskan kembali hingga daun bawang tercincang dan menyatu dengan labu. Kamu pun dapat memakai daun bawang yang diiris halus.

4. Sesudah itu, campurkan labu dan daun bawang ke tempat yang terisi adonan ikan dan ayam, aduk sampai semuanya merata. Tambahkan telur kocok, bumbu halus, garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk sampai semuanya tercampur rata.

5. Berikan juga tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk kembali sampai semuanya merata.

6. Sediakan alat pengukus dan rebus air. Jangan lupa pula mengolesi area permukaan saringan kukusan untuk menghindari siomay lengket nantinya.

7. Sesudah air mulai mendidih, ambil adonan dengan memakai sendok. Kamu pun dapat melapisinya dengan kulit pangsit. Lakukan sampai semua adonan habis, lalu kukus sampai matang.

Foto: Ladiestory.id

Cara Membuat Saus Kacang

1. Panaskan minyak pada wajan, lalu goreng bawang putih sebentar sampai layu dan sedikit kecoklatan. Sesudah itu angkat.

2. Selanjutnya, haluskan kacang tanah goreng, bawang putih goreng, cabai, serta air. Pastikan kamu memasukkan air sedikit demi sedikit supaya saus kacang tidak terlalu encer.

3. Masukkan saus kacang yang telah dihaluskan ke dalam panci. Lalu bumbui dengan garam, gula, serta air asam Jawa. Masak saus kacang sampai mendidih dan matang. Cicipi rasa dan koreksi bila masih ada yang kurang. Setelah itu, angkat dan dinginkan.

4. Sajikan siomay yang telah matang dengan saus kacang. Bisa juga untuk menambahkan pendamping seperti, irisan air jeruk limau, kecap, serta saus sambal.

Nah, itu dia resep siomay ala pedagang keliling. Selamat mencoba!