Rose Gold, Semakin Populer Karena Keindahan Warnanya

Kamis, 2 September 2021 | 15:36:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Rose Gold, Semakin Populer Karena Keindahan Warnanya

Foto: Frank & co. Dew Light Ring Collection

Meski warna alami emas adalah kuning, perkembangan dunia perhiasan membuat proses yang memungkinkan untuk mengubah warna emas jadi terlihat berbeda. Setidaknya ada 10 variasi warna emas di dunia perhiasan.  Kamu pasti sudah mengetahui adanya dua warna emas paling populer selain kuning.

Yaitu putih dan rose gold, yang sering disebut emas merah. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan rosegold dibanding emas kuning pada umumnya?

Simak penjelasannya di artikel ini ya, karena akan membantumu menentukan pilihan sebelum membeli perhiasan emas baik untuk diri sendiri atau sebagai kado ulang tahun untuk orang terdekat!

Perhiasan wanita
Foto: Frank & co. Forevermark Avaanti Pendant & Bangles

Perhiasan emas dibuat dengan campuran logam lain

Dalam bentuknya yang paling murni, emas tidak dapat langsung dijadikan perhiasan. Karena emas memiliki sifat lunak dan dapat dengan mudah berubah bentuk. Maka, sebelum dijadikan perhiasan emas. seperti cincin tunangan maupun rantai kalung emas, emas harus dicampur dengan jenis logam lainnya agar lebih keras dan dapat mempertahankan bentuknya.

Emas kuning biasanya terbuat dari campuran emas dengan tembaga, seng, atau perak. Setelah dicampur, kadar emas dalam perhiasan wanita dibuat menjadi 10K, 12K, 14K atau yang paling umum adalah 18K. K berarti karat yang jadi nilai ukur kandungan emas dalam sebuah perhiasan emas.

perhiasan wanita
Foto: Frank & co. Madison & Lumine Ring

Rose Gold, semakin diminati pecinta perhiasan emas

Sedangkan rose gold atau emas merah– yang kadang disebut juga emas Russia (lokasi dimana emas jenis ini pertama kali dipopulerkan), dibuat juga dengan campuran. Rasio campuran umumnya adalah 75% emas dan 22,5% tembaga, ditambah Sebagian kecil unsur perak. Perpaduan inilah yang kemudian memunculkan warna kemerahan atau merah muda pada rose gold.

Rosegold semakin banyak diminati karena ternyata cocok dikenakan oleh orang dengan berbagai warna kulit. Dari mereka yang memiliki tone warna kulit cerah, hingga gelap. Rose gold dapat membuat siapa saja pemakainya terlihat makin bersinar.

Di sisi lain, emas kuning lebih cocok dipakai oleh mereka yang memiliki warna kulit kecoklatan, sedangkan saat seseorang dengan kulit putih mengenakan cincin tunangan atau kalung emas dengan warna kuning, biasanya penampilan yang dihasilkan kurang maksimal.

Frank & co. Lustra & Bambina Pendant
Foto: Frank & co. Lustra & Bambina Pendant

Kelebihan rosegold lainnya

Emas kuning memang telah lebih lama ada dan digunakan di seluruh dunia. Hingga saat ini, emas kuning dianggap perhiasan tradisional yang perlu dipilih untuk mempertahankan kebudayaan turun temurun. Sedangkan rose gold, lebih memberi kesan modern yang dinamis dalam pemakaiannya.

Nah, tahukah kamu, kalau rosegold juga ternyata lebih kuat terhadap goresan dan tidak mudah berubah warna? Emas kuning lebih mudah terkena goresan, dan seiring waktu warnanya mudah pudar, sehingga harus lebih sering dipoles atau dibersihkan.

Memilih rosegold saat mengunjungi toko emas terdekat berarti mengurangi waktu dan usaha untuk melakukan perawatan, karena rosegold cenderung mudah dirawat bahkan tidak memerlukan perawatan khusus sama sekali.

Frank & co. adalah salah satu toko emas terdekat yang bisa kamu kunjungi secara langsung atau melalui website frankncojewellery.com, untuk mendapatkan perhiasan emas berbahan dasar rosegold, baik sebagai koleksi pribadi, maupun sebagai kado ulang tahun untuk orang terdekat.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai perhiasan rose gold dengan desain unik yang elegan, dari style klasik maupun modern, lengkap dengan berlian kualitas terbaik.

Jadi setelah membaca informasi seputar rosegold di artikel ini, emas warna apa yang akan kamu pilih?

 

Berita Terkait