Sabet Rekor Muri! 5 Fakta Film Makmum 2

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:45:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sabet Rekor Muri! 5 Fakta Film Makmum 2

Fakta Makmum 2. (Special)

Ladiestory.id - Film horor berjudul "Makmum 2" berhasil menyabet penghargaan dari Rekor Muri. Film berdurasi 92 menit ini telah tayang di bioskop sejak 30 Desember 2021 silam.

Namun hingga kini, animo masyarakat tentang film horor Indonesia ini masih terasa. Sebab ketegangan dari film tersebut masih terngiang di pikiran para penonton.

Film "Makmum 2" merupakan lanjutan dari film horor berjuduk "Makmum" yang dirilis pada 15 Agusturs 2019. Film horor ini diangkat dari film pendek karya Riza Pahlevi.

Kemudian digarap oleh produser Dheeraj Klawani yang berkolaborasi dengan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Pemeran utama dimainkan oleh Titi Kamal, didampingi beberapa aktris dan aktor Indonesia lainnya, seperti  Ali Syakieb, Tissa Biani, Adila Fitri, Bianca Hello, Jajang C. Noer, dan Reny Yuliana.

Fakta Film "Makmum 2"

Dibalik penghargaan Rekor Muri yang diraih, terdapat beberapa fakta "Makmum 2" yang membuatmu tahu bahwa film horor ini berkualitas. Yuk ketahu apa saja fakta dibalik pembutaan film Makmum 2 ini.

1. Bangun Jembatan

Fakta Makmum 2. (Special)

 

Lokasi syuting film horor "Makmum 2" memang berada di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Dalam film ini terdapat adegan di sebuah jembatan. Siapa sangka, jembatan tersebut tadinya tidak ada dan dibuat hanya untuk "Makmum 2".

2. Syuting Suhu 13 Derajat Celcius

Film horor memang didominasi syuting pada malam hari. Ini juga yang menjadi tuntutan para crew dan pemain film "Makmum 2".

Sebab mereka harus menembus suhu 13 derajat celcius demi menadapatkan hasil terbaik. Bahkan tak jarang mereka harus syuting dini hari atau malah baru dimulai dini hari.

"Memang aku menggunakan sling untuk adegan tersebut di gunung Papandayan jam 4 pagi dan suhunya di bawah 10 derajat," ujar Titi Kamal dilansir dari berbagai sumber.

Bahkan pemeran utama yakni Titi Kamal juga harus menahan dingin terlebih peran yang dimainkan yakni Rini tidak bisa menggunakan baju tebal.

"Itu nunggu syutingnya harus pake jaket tapi pas take pake baju biasa yang tipis," terang Titi Kamal.

3. Medan yang Mengerikan

Fakta Makmum 2. (Special)

 

Fakta "Makmum 2" selanjutnya yakni perjuangan para crew dan cast untuk melewati medan yang mengerikan. Tak hanya menahan dingin dengan suhu 13 derajat celcius.

Namun medan yang berat dan terjal menguji profesionalitas crew dan cast film horor yang satu ini. Sebab syuting di dataran tinggi, membuat mereka sering bertemu dengan beberapa jurang berbahaya.

4. Adegan Kesurupan

Namanya saja film horor, maka tak heran jika ada adegan keserupuan di film Makmum 2 ini. Nah disinilah yang menjadi ketakutan para crew dan cast Makmum 2.

Sebab mereka harus berhati-hati ketika melakukan adegan kesurupan ini agar tidak terjadi kesurupan beneran. Terlebih mereka syuting di tempat-tempat dataran tinggi dan Gunung Papandayan.

Suasana yang seolah menyatu dengan alam membuat hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada 'penunggu-penunggu' di daerah tersebut.

Nah, pada akhirnya ketakutan para crew dan cast pun terjadi. Sebab ada seorang ekstras wanita yang kesurupan di tengah syuting film horor ini. Tak hanya itu, namun para crew dan cast Makmum2 juga kerap menjumpai hal-hal mistis lainnya.

5. Masuk dalam Rekor Muri

Fakta Makmum 2. (Special)

Kerja keras para crew dan cast "Makmum 2" seolah terbayarkan. Lantaran film ini mendapat penghargaan Film Indonesia Pertama yang mencapai Satu Juta Penonton di Masa Pandemi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan gelar.

Produser film "Makmum 2", Dheeraj Kalwani pun mengungkapkan jika dirinya bangga film horor ini bisa mendapat penghargaan di tengah industri film lesu akibat pandemi.

"Saya bangga dengan pencapaian ini. Industri kita bangkit. Semangat untuk semua produser. Terimakasih untuk penonton Indonesia," ujar Dheeraj Kalwani, dilansir dari berbagai sumber.

"Bagi kami, sebagai produser ini seperti nafas baru. Bantuan oksigen saat kita susah bernafas. Ketika penonton yakin ke bioskop, kami antusias memproduksi film baru, secara otomatis, lapangan pekerjaan juga terbuka lagi untuk ribuan tenaga kerja di industri perfilman Indonesia," lanjut produser Makmum 2.

s