Segudang Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Sabtu, 2 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Segudang Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Apa yang Kamu lakukan pertama kali setelah bangun tidur? Bagi beberapa orang, minum air putih menjadi kebiasaan hingga kewajiban ketika Kamu bangun tidur.

Sebab pada dasarnya, manusia memang membutuhkan air dalam hidup. Bahkan dari tubuh manusia, 50 persen hingga 70 persen terdiri dari air.

Kebiasaan tersebut pun telah dilakukan oleh orang Jepang. Mereka selalu mengonsumsi segelas air putih sebelum tidur dan bangun tidur.

Itulah yang menjadi salah satu rahasia kecantikan orang Jepang. Bahkan mereka memiliki tubuh yang bagus akibat kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur. Tak hanya itu, namun masih banyak segudang manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang perlu diketahui.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi naikkan berat badan. (Special)

Nah, pastinya manfaat minum air putih saat perut kosong menjadi poin pertama yang sangat digemari oleh kaum hawa. Pasalnya, banyak perempuan yang mengupayakan untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi air putih saat pert kosong, hal itu bisa mempercepat metabolisme. Inilah yang akan membantu menurunkan berat badan.

Dilansir berbagai sumber, setidaknya Kamu harus mengonsumsi 500ml air putih. Ukuran tersebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Faktanya, air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Air putih mampu membuat tubuh sehat dan bugar secara keseluruhan. Tak hanya itu, air putih juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh. Sehingga minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan kebiasaan ini bisa membantu tubuh melawan infeksi. Tentu saja, akan menghindarkan Kamu dari berbagai penyakit. Diantaranya radang sendi, penyakit jantung, epilepsi, bronkitis, sakit kepala, kelebihan lemak, hingga asma.

Membersihkan Usus

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Manfaat selanjutnya jika Kamu minum air putih saat perut masih kosong adalah dapat membersihkan usus. Sebab, air putih akan membersihkan saluran pencernaan dan membuang limbah.

Jika saluran pencernaan tidak lancar, bisa jadi limbah tersebut menumpuk di usus. Sebaliknya, jika usus Kamu bersih dari limbah, maka Kamu terhindar dari penyakit kanker usus yang kerap menjadi ancaman bagi perempuan. Selain itu, nutrisi yang didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

Meningkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi makan. (Special)

Jika Kamu tidak nafsu makan, jangan panik. Tidak perlu terburu-buru mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan. Kamu bisa meningkatkan nafsu makan dengan mengonsumsi air putih saat perut masih kosong. Hal ini berkaitan dengan air putih yang mampu melancarkan pencernaan.

Saat pencernaan lancar, maka perut akan kembali kosong. Disaat itulah Kamu akan merasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan.

Meningkatkan Mood

Foto: Ladiestory.id

Siapa bilang moodboster hanya didapat dari minuman yang manis? Rupanya, air putih yang sangat akrab dengan kehidupan manusia mampu meningkatkan mood seseorang.

Hal ini pun telah dituliskan dalam sebuah studi pada 2014. Dalam penelitian tersebut, orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Bahkan studi pada 2019 juga menjelaskan jika seseorang yang dehidrasi akan menimbulkan mood negatif. Sebaliknya, orang yang terhidrasi justru dapat memperbaiki suasana hati.

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Ilustrasi perawatan kulit wajah perempuan Jepang. (Special)

Jika ingin memiliki kulit cerah, yuk biasakan minum air putih saat perut masih kosong. Sebab air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Inilah yang akan berdampak bagi kulit tambah bersih dan bersinar. Sebaliknya, orang yang dehidrasi akan memiliki permasalahan kulit.

Orang yang tidak suka minum air putih akan terlihat dari kondisi kulit mereka. Kebanyakan dari mereka pasti memeliki kulit yang kering. Jika kebiasaan buruk tersebut terus berlanjut, maka kulit akan keriput dini. Tak hanya itu, dehidrasi bisa membuat kulit keropos.

Itulah mengapa air putih yang diminum saat perut kosong membantu darah untuk mengalir ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan kualitas kulit.