Sehat dan Bugar, 5 Olahraga Untuk Melatih Daya Tahan Jantung dan Paru-paru

Jumat, 25 Juni 2021 | 16:07:05

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Sehat Dan Bugar, 5 Olahraga Untuk Melatih Daya Tahan Jantung Dan Paru-Paru

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Rutin berolahraga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya ialah mampu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan paru-paru adalah organ pernapasan yang berfungsi untuk menukar oksigen dengan karbondioksida dalam darah. Dua organ ini memiliki fungsi vital dalam tubuh, sehingga perlu dijaga dengan menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup yang aktif.

Dengan berolahraga secara tepat, volume darah dapat meningkat, sehingga banyak oksigen yang masuk dalam paru-paru. Nah, 5 olahraga berikut membantu untuk melatih daya tahan jantung dan paru-paru.

1. Jalan Kaki

Foto: Ladiestory.id

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana yang dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini juga tidak membutuhkan alat khusus apapun. Meskipun tergolong sebagai salah satu olahraga ringan, jalan kaki juga punya manfaat yang baik untuk merangsang otot dan jantung untuk memompa darah.

Rutin berjalan kaki dapat berpengaruh pada distribusi darah yang terpusat di jantung, sehingga memiliki efek jangka panjang berupa menurunkan risiko serangan jantung. Dengan berjalan kaki selama 5.000 hingga 10.000 langkah per hari, kesehatan jantung dapat meningkat.

2. Bersepeda

Foto: Ladiestory.id

Keunggulan bersepeda ialah dapat dilakukan siapa saja, dan dapat dilakukan di luar rumah ataupun di dalam rumah dengan sepeda statis. Selain membantu kinerja jantung lebih baik, bersepeda juga bermanfaat untuk melatih otot kaki, tangan, dan juga punggung.

Olahraga ini juga membantu meningkatkan kesehatan mental akibat perasaan senang yang timbul saat bersepeda. Selain itu, bersepeda juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Meski memiliki banyak manfaat, durasi dan jarak bersepeda juga perlu diperhatikan. Tak perlu lama-lama, jarak tempuh rata-rata 32 km seminggu sudah cukup untuk melatih daya tahan jantung.

3. Renang

Foto: Ladiestory.id

Berenang membantu meningkatkan efektivitas kinerja paru-paru secara optimal. Hal ini dikarenakan, saat berenang, seseorang melakukan latihan pernapasan, berupa mengambil, menahan, dan mengeluarkan napas.

Sama seperti latihan kardiobaskular yang lain, renang juga memberi manfaat membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh.

4. Yoga

Foto: Ladiestory.id

Yoga kerap dianggap sebagai olahraga yang tidak terlalu berat dan dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini membantu menyelaraskan kesehatan fisik dan mental. Meski terkesan sederhana, yoga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pernapasan, meningkatkan sirkulasi darah, hingga mengurangi peradangan.

5. Latihan interval

Latihan interval adalah latihan berintensitas tinggi dalam waktu singkat dan dilakukan selama berulang-ulang. Latihan interval seperti squat, push up, sit up, hingga lompat tali perlu dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Keunggulan dari latihan ini ialah mampu melatih otot seulurh tubuh, seperti lengan, kaki, dada, hingga punggung.

Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebelum melakukan olahraga ini, sebaiknya lakukan pemanasan minimal lima menit untuk meregangkan otot.

Itulah beberapa contoh olahraga untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru. Semoga bermanfaat.