Selain Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Minggu, 29 Mei 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Selain Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

Macam bunga mawar. (Spesial)

Ladiestory.id - Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar? Bunga cantik dan kebanyakan berwarna merah ini merupakan simbol keromantisan yang bisa membuat siapa saja merasa sangat senang jika mendapatkan bunga ini.

Siapa sangka, selain sebagai simbol keromantisan dan bentuknya yang indah, bunga ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tidak ada yang meragukan bahwa bunga ini memiliki efek positif pada tubuh, pikiran dan kulit sejak zaman dahulu.

Penasaran apa saja manfaat bunga mawar untuk kesehatan? Berikut Ladiestory.id rangkum untuk Kamu.

Meredakan Stres

Ilustrasi perempuan dengan victim mentality. (

Kelelahan terus-menerus yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan stres. Jika stres tidak terkendali, hal itu dapat menyebabkan depresi dan penurunan libido. Namun jangan khawatir, dengan mencium sari bunga mawar, ternyata bisa memberikan efek yang menenangkan untuk tubuh.

Caranya sederhana, cukup rendam dalam air hangat yang ditaburi beberapa kelopak bunga mawar. Air hangat bisa membantu seseorang mencium wangi bunga mawar sehingga membuat pikiran dan tubuh mereka terasa menenangkan.

Dikutip itablume, gejala stres dapat dihilangkan dengan menghirup uap dari teh mawar. Mencium aroma alami ini akan membuat pikiran Kamu tenang, menghilangkan stress, dan meningkatkan kualitas tidur.

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Kabar gembira bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan bantuan dapat datang dari bunga mawar. Menurut Thehealthsite, kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme tubuh, membuang racun, dan membantu penurunan berat badan.

Caranya cukup mudah, ambil 10-15 kelopak mawar segar. Kemudian, seduh dengan secangkir air mendidih dan tunggu sampai air yang diseduh berubah warna menjadi merah muda. Tambahkan madu dan kayu manis saat Kamu akan meminumnya. Untuk menunjukkan khasiatnya, minumlah hal tersebut secara teratur.

Mengobati Jerawat

Foto: IDNTimes

Jerawat di wajah membuat mungkin dapat membuat Kamu merasa kurang percaya diri. Namun, mawar dapat membantu mengobati jerawat di wajah Kamu.

Menurut Indiana Times, mawar mengandung bahan antibakteri yang melawan bakteri pada jerawat. Dengan begitu, menenangkan kulit yang teriritasi dan mengurangi kemerahan harus Kamu lakukan dengan air mawar.

Membantu Mengobati Wasir dan Ambeien

Foto: Ladiestory.id

Manfaat bunga mawar selanjutnya adalah untuk membantu mengobati wasir dan ambeien. Menurut Thehealthsite, kelopak bunga mawar dapat digunakan sebagai obat alami untuk wasir dan ambien.

Karena mawar kaya akan serat, air, dan senyawa yang membantu pencernaan, ia dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Kelopak mawar efektif dalam mengobati wasir berdarah dan mengurangi rasa sakit.

Cara mengobati wasir atau ambeien dengan kelopak bunga mawar, yaitu ambil segenggam kelopak bunga mawar. Tambahkan 50 ml air hangat. Kemudian tumbuk menjadi larutan kental. Minum larutan ini selama tiga hari berturut-turut, terutama saat perut kosong. Maka wasir atau ambeien berdarah akan sembuh.

Meredakan Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala. (Special)

Mawar dapat digunakan sebagai minyak esensial. Salah satu manfaat minyak ini adalah dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi/LTF dari Universitas Paraíba-Caesar di Brasil menunjukkan bahwa minyak esensial mawar memberikan efek menenangkan saat dihirup.

Menjadikan Kulit Sehat

Ilustrasi skincare Jepang. (Special)

Manfaat bunga mawar yang paling terkenal adalah menutrisi kulit. Air mawar adalah produk bunga mawar yang menutrisi kulit. Air mawar bersifat anti inflamasi dan dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi.

Selain itu, kelopak mawar mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri yang dapat menenangkan kulit dari rasa gatal yang berlebihan.

s