Selalu Bahagia, Ini 7 Tips Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Minggu, 26 Desember 2021 | 16:05:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Selalu Bahagia, Ini 7 Tips Rumah Tangga Langgeng Dan Harmonis

Ilustrasi keluarga harmonis. (Special)

Ladiestory.id - Rumah tangga yang bahagia dan langgeng tentunya dambaan setiap pasangan. Meskipun dalam menjalaninya pastilah tak luput dari masalah dan cobaan yang bisa saja menghancurkan rumah tangga.

Untuk itu perlu adanya kesadaran dari masing- masing suami istri untuk bisa menjaga dan mempertahankan kelanggengan rumah tangga.  Berikut tips menjaga rumah tangga bahagia dan tetap langgeng.

Ilustrasi keluarga harmonis. (Special)

1. Saling Menerima Apa Adanya

Semua orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bila kamu dan pasangan bisa saling melengkapi satu sama lain. Menerima pasangan kamu apa adanya adalah salah satu kunci rumah tangga langgeng dan bahagia. 

Jika kamu unggul dalam satu hal sedangkan pasangan memiliki kekurangan dalam hal itu, kamu tidak perlu menyalahkan atau merendahkan kekurangannya itu. Ambil alih tugas yang kamu bisa, dan bagi tugas lain yang bisa dilakukan pasangan kamu.  

2. Saling Memaafkan

Tak ada manusia tanpa kesalahan dan memaafkan dengan sepenuh hati adalah salah satu cara terbaik  untuk membuat hubungan tetap langgeng. Meskipun berat, memberi maaf merupakan salah satu cara untuk dapat melangkah ke depan. 

Ilustrasi keluarga harmonis. (Special)

3. Saling Melengkapi Satu Sama Lain

Setiap orang itu punya keunikan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita tidak bisa menikah dengan seseorang yang sempurna, tetapi untuk membuatnya sempurna, kita bisa menerima keadaannya dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya adalah kunci pernikahan kamu akan langgeng.

4. Saling Mengerti dan Mendengarkan Satu Sama Lain

Tidak ada rumah tangga yang 100 persen bahagia tanpa adanya beda pendapat dan argumen. Justru hal ini merupakan tanda bila pernikahan kamu normal.

Banyak pasangan yang berargumen dan beda pendapat selama mereka berumah tangga.  Saat sedang berargumen, cobalah untuk bisa mendengarkan pasangan Anda dan tahan diri untuk tidak menyelanya saat sedang berbicara.

Cobalah lihat masalah yang sedang kalian hadapi dari berbagai sisi, dan cobalah untuk berusaha  memperbaikinya bersama - sama. 

5. Saling Memegang Komitmen

Dalam membangun rumah tangga tidak boleh ada yang abu-abu. Jika sudah berkomitmen satu sama lain maka  tidak ada kata "tapi". Komitmen inilah yang membuat bertahan, dalam keadaan apa pun, mau kaya atau miskin, dan dalam keadaan sehat atau sakit.

Ilustrasi keluarga harmonis. (Special)

6. Selalu Luangkan Waktu Untuk Berdua

Untuk memupuk rasa saling sayang cobalah untuk selalu luangkan waktu bersama berdua saja. Salah satu cara agar pernikahan langgeng dan bahagia tidak harus berlibur ke tempat mahal dan mewah. 

Kamu bisa memanfaatkan  momen berdua di rumah. Pilih kegiatan yang bisa dilakukan berdua, seperti memasak bersama atau berkebun, hal tersebut juga bisa menambah intensitas kebersamaan kamu dan pasangan.

7. Saling Terbuka Dalam Segala Hal

Kamu dan pasangan harus saling terbuka untuk membahas semua masalah yang ada dalam rumah tangga. Kejujuran bisa menghindari rumah tangga kamu dari masalah kepercayaan. Tentunya kamu tidak mau hidup dengan orang yang tidak bisa mempercayai kamu, bukan?

Nah, itulah 7 tips rumah tangga langgeng, bahagia dan selalu harmonis, semoga bermanfaat.