Sendi Rusak Permanen! Ketahui 9 Efek Samping Makan Pete Secara Berlebihan

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sendi Rusak Permanen! Ketahui 9 Efek Samping Makan Pete Secara Berlebihan

Foto: Ladiestory.id

Pete memiliki nama lain yakni Parkia speciosa yang merupakan salah satu jenis polong-polongan. Tak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Tentu pete bukan merupakan makanan yang asing lagi. Pasalnya makanan ini begitu terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas.

Efek Samping Makan Pete Secara Berlebihan

Selain banyak yang suka, petai juga terkenal kaya akan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan yang dimiliki petai seperti protein, fosfor, vitamin A, dan zat besi.

Bahkan pete mampu mencegah timbulnya penyakit hipertensi hingga diabetes sebab memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Namun, bagi Anda yang gemar makan pete, rupanya tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Bukan hanya bau tidak sedap yang mengganggu banyak orang. Namun ada beberapa efek samping makan pete. Kira-kira apa saja ya?

 

1. Mulut Menjadi Bau

Efek samping makan pete yang pertama ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Semua orang tahu konsekuensi apabila makan pete adalah mulut menjadi bau. Bahkan banyak orang yang usai makan pete, menghindari untuk berbicara dengan orang.

Terlebih jika ada pertemuan yang mengharuskan bertemu orang banyak, pasti tidak akan mengonsumsi pete. Bahkan semakin banyak makan pete, kondisi mulut juga akan semakin bau.

2. Sakit Perut

Ladiestory.id

 

Pernahkan Anda sakit perut seusai makan pete? Ya, hal ini menjadi salah satu efek samping makan pete. Apalagi jika pete dikonsumsi secara perlebihan yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Bahkan untuk orang yang gemar makan pete mentah, akan menimbulkan efek samping makan pete sakit perut. Hal ini disebabkan adanya bakteri yang hinggap di pete mentah.

3. Pusing

Makan pete bikin pusing, benarkah? Tentu, jika pete tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Inilah yang perlu dihindari para pete lovers. Pasalnya makan pete bikin pusing dan biasanya akan disertai rasa pusing dan mual hingga muntah.

4. Meningkatnya Asam Urat

Kadar asam urat meningkat menjadi salah satu efek samping makan pete. Pasalnya di dalam pete terdapat kandungan zat purin. Inilah yang menjadi sumber penyebab kadar asam urat dalam tubuh yang meningkat.

Kalau kadar asam urat meningkat sudah terlalu tinggi, efek samping lainnya akan dirasakan. Biasanya mereka akan mengalami nyeri sendi dan beberapa keluhan khas asam urat lainnya. Oleh sebab itu, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit nyeri sendi, tidak disarankan untuk makan pete secara berlebihan.

5. Merusak Sendi Secara Permanen

Nah poin kelima merupakan lanjutan efek samping makan pete dari poin sebelumnya. Jika seseorang terus menerus makan pete, tidak menutup kemungkinan bahwa dia akan mengalami kerusakan sendi secara permanen.

Tentunya zat purin yang ada dalam pete akan terus menumpuk, hingga purin tersebut menjadi asam urat. Yang nantinya akan terbentuknya kristal sendi yang akan semakin parah dari waktu ke waktu.

6. Rematik

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Nah, penyakit ini merupakan salah satu efek samping makan pete secara berlebihan.

Dan rupanya efek samping satu ini jarang diketahui banyak orang. Sehingga banyak orang tidak sadar dan makan pete secara berlebihan. Sebab penyakit rematik yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

7. Diare

Ladiestory.id

 

Selain sakit perut, efek samping makan pete secara belebihan adalah diare. Terlebih jika pete dikonsumsi dalam keadaan mentah dimana terdapat banyak bakteri yang hinggap. Inilah yang menyebabkan terjadinya permasalahan pada saluran pencernaan. Mulai dari diare hingga berbagai penyakit pencernaan lainnya juga semakin meningkat.

8. Gangguan pada Ginjal

Jika Anda makan pete secara berlebihan, maka kemungkinan akan menimbulkan gangguan pada ginjal. Hal ini disebabkan pete memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang ternyata cukup tinggi.

Adanya kandungan asam amino yang sangat tinggi tersebut, dapat menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan pada ginjal.

9. Munculnya Tophi

Ladiestory.id

 

Tophi merupakan sebuah benjolan kecil yang memiliki warna putih, dan terbentuk akibat adanya penumpukan kristal asam urat di bagian bawah kulit.

Maka jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya tidak makan pete secara berlebihan. Jika perlu tidak usah mengonsumsinya sama sekali.

Nah, inilah 9 efek samping makan pete secara berlebihan. Jika dilihat, pete memang berbentuk kecil dan terlihat aman dikonsumsi. Namun rupanya efek samping makan pete tidaklah hanya menimbulkan bau tidak sedap. Tapi justru berujung ke berbagai penyakit lainnya. Hal ini bukan berarti tidak boleh makan pete. Hanya saja, Anda harus membatasi jumlah konsumsi pete.