Sepak Terjang Ferdy Tahier, dari Vokalis Element Jadi Co-Founder Seecret

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Sepak Terjang Ferdy Tahier, Dari Vokalis Element Jadi Co-Founder Seecret

Potret Ferdy Tahier. (Special)

Ladiestory.id - Nama Ferdy Tahier mulai dikenal publik kala ia bergabung bersama grup Element. Pria yang memiliki nama lengkap Ferdy Kusuma Tahier Siboro tersebut mempunyai suara yang khas sehingga cocok untuk jadi vokalis band rock. Namun ternyata Ferdy juga jago akting lho, Ladies. Ia pernah bermain di film layar lebar.

Kini, Ferdy Tahier memang sudah jarang menghiasi layar kaca ataupun tampil di panggung. Pria keturunan Batak ini tengah sibuk mengurus bisnis barunya. Ia baru saja meluncurkan sebuah aplikasi chatting yang diberi nama Seecret. Ladies, penasaran bagaimana perjalanan karier Ferdy Tahier? Yuk simak info lengkapnya.

Berawal dari Band Boomerang

Potret lama Ferdy Tahier. (Special)
Potret lama Ferdy Tahier. (Special)

Pria kelahiran 4 November 1972 ini memulai debut karier di dunia musik sebagai vokalis grup band Lost Angeles. Ketika itu usianya baru menginjak 18 tahun. Ia resmi bergabung dengan Lost Angeles pada 1990.

Sebuah grup musik rock yang digawangi oleh Ferdy Tahier (vokal), John Paul Ivan (gitar), Endang Surahman Hartono (gitar), Hubert Henry Limaheru (bass), dan Petrus Augusty (drum).

Grup Lost Angeles inilah yang merupakan cikal bakal dari grup Boomerang yang kita kenal sekarang. Karier Ferdy di grup ini tak berlangsung lama. Pada 1991 ia resmi hengkang dari grup tersebut bersamaan dengan Endang Surahman Hartono yang kemudian mendirikan grup band Stinky.

Membentuk Grup Band Element

Grup band Element. (Special)
Grup band Element. (Special)

Setelah resmi hengkang dari Lost Angeles, Ferdy memutuskan bergabung ke grup band Element. Element resmi dibentuk pada 14 Februari 1999. Ferdy Tahier sendiri mulai bergabung dengan grup band Element pada pertengahan 2000 setelah mengikuti audisi.

Posisi Ferdy sebagai vokalis, menggantikan vokalis sebelumnya yang mundur dari Element. Setelah Ferdy resmi bergabung, Element juga meluncurkan album kedua bertajuk Kupersembahkan Nirwana. Album ini merupakan pembuktian Element bahwa mereka serius dalam hal bermusik.

Grup band Element yang ketika itu beranggotakan Ferdy Tahier, Lucky Widja, Didi Riyadi, Fajar Putra Jaya Maringka, Arya Prasetyo, dan Adhitya Pratama berhasil menyabet penghargaan Golden Award dari Universal. Hal ini karena album mereka sukses terjual hingga 100.000 kopi.

Ferdy Tahier dan grup band Element semakin serius dalam bermusik. Tahun-tahun setelahnya pun mereka tetap eksis merilis album. Element berhasil merilis album Paradoks pada 2002-2004, album Dialog pada 2004-2005, album Resonansi pada 2005-2006, album Terang pada 2007-2008.

Setelah lama vakum, kemudian Element merilis album Save the Best for Last pada 2013-2016. Setelah itu pada 2017-2020 Element merilis album Element Reunion. Setelah itu pada 2020 merilis album New World-Resonansi.

LIVErsion menjadi terbaru Element yang dirilis pada 2021-2022. Album ini berisi single-single setiap bulannya. Album LIVErson merupakan daur ulang dari lagu hits mereka.

Terjun ke Dunia Akting

Adegan film Bukan Cinta Biasa. (Special)
Adegan film Bukan Cinta Biasa. (Special)

Tak hanya berkarier di dunia musik, Ferdy Tahier juga membuktikan kemampuan aktingnya. Ia beradu akting dengan aktris Olivia Jansen dalam film Bukan Cinta Biasa. Film garapan sutradara Benni Setiawan ini diluncurkan pada 7 Mei 2009. Film ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga. Dikemas dengan alur yang sederhana membuat film ini banyak diminati.

Selain berkarier di dunia akting, ternyata Ferdy Tahier juga membentuk grup band Rocker Kasarunk, yang merupakan side project-nya, pada 2010 . Bahkan grup band ini juga sudah merilis single berjudul Bisa Gila.

Luncurkan Aplikasi Seecret

Ferdy Tahier selain mahir bermusik dan berakting, ia juga ternyata telah meluncurkan sebuah aplikasi chatting. Aplikasi tersebut diberi nama Seecret. Aplikasi yang diluncurkan pada 2020 tersebut diklaim dapat menjadi pesaing aplikasi tenar Telegram. Aplikasi Seecret mempunyai keunikan tersendiri, tak ada tombol 'kirim' dalam aplikasi tersebut. Sehingga apa yang diketik langsung diketahui oleh penerima.

s