Sering Dilakukan, Apa Itu Bridal Shower?

Minggu, 19 Desember 2021 | 16:45:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sering Dilakukan, Apa Itu Bridal Shower?

Ladiestory.id - Suatu tradisi yang mungkin terasa kurang lengkap jika tidak dirayakan saat ada teman yang ingin menikah. Bridal shower merupakan bentuk perayaan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahan.

Selain menjadi tradisi tentu saja hal ini muncul sebagai tren digemari oleh generasi masa kini. Walaupun sebenarnya tradisi ini sudah ada sedari dulu hanya saja tidak berjalan seperti zaman sekarang

Ilustrasi Bridal Shower. (Special)

Secara umum, bridal shower diartikan sebagai pesta pemberian kado pada calon pengantin perempuan sebelum hari pernikahan. Sebenarnya, tradisi ini  sudah ada sejak tahun 1890an yang dilakukan ketika calon pengantin tidak memiliki mahar atau hadiah perkawinan alasannya karena kekurangan finansial sehingga sang ayah tidak mau memberikan hal itu karena tidak merestui pernikahan anaknya. 

Dengan adanya kondisi ini, teman-teman calon pengantin berkumpul dan memutuskan untuk memberikan hadiah sebagai alternatif mas kawin supaya ada jalan untuk bisa menikahi lelaki yang dicintai.

Tapi seiring berjalannya waktu, tradisi bridal shower mulai berkembang lalu mengalami perubahan. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan budaya dari negara yang mengadopsinya. Tapi, satu hal yang pasti adalah acara ini diterjemahkan sebagai "siraman pengantin" artinya perayaan untuk calon pengantin wanita saja. Biasanya bridal shower digelar oleh teman-teman perempuan atau mereka yang menjadi bridesmaids

bridal shower
Ilustrasi Bridal Shower. (Special)

Meskipun ini acara khusus untuk para perempuan, tapi calon pengantin pria bisa datang hanya saja dia bisa muncul di akhir pesta dengan membawa sedikit kejutan. Tapi ketika hal itu ingin dilakukan perlu ada koordinasi dari pendamping pengantin wanita dengan pihak lelaki. Untuk mempersiapkan bridal shower, hal-hal yang perlu ada biasanya berupa makanan, minuman, dan beberapa permainan. Intinya ini adalah momen calon pengantin quality time dengan teman-teman tercintanya!

Sedangkan dari segi tempat, pesta nggak selalu diadakan di restoran. Bridesmaids dapat mengadakan bridal shower di tempat spa atau taman terbuka. Namun,hal ini perlu diskusikan secara matang dengan teman-temanmu, jika calon pengantin yang ingin mendapat siraman. Biasanya, Bridal shower diselenggarakan 3 bulan-2 minggu sebelum hari pernikahan. Maka pilihlah waktu ternyaman supaya semua orang bisa menikmati pesta ini. 

Rekomendasi tema bridal shower unik

Sebenarnya ada berbagai inspirasi tema pesta yang bisa digunakan Kita cukup memilih satu tema yang spesifik sehingga para tamu bisa menyesuaikan dengan dresscode yang dikenakan.

Honeymoon (Bulan Madu)

Suasana yang menggambarkan jika mereka akan berbulan madu bisa menyusun konsep menggunakan kota atau negara tertentu sebagai tema pesta.

bridal shower
Ilustrasi Bridal Shower

Warna Kesukaan

Kamu bisa membuat dekorasi dengan warna favoritnya sebagai inspirasi tema pesta mulai dari warna tema dekorasi, hadiah, hingga aksesori di meja.

Garden Party

Sebuah tema yang bisa dilakukan memenuhi taman dengan tanaman-tanaman hijau dan aneka bunga warna-warni. Tentu saja, ini akan menambahkan kesan cerah dan tenang, jika dikombinasikan dengan dekorasi warna putih.

Ciptakan Nuansa Netral

Jika ingin menciptakan ide tema bridal shower yang elegan, Kamu  bisa mencoba merangkai nuansa pesta dengan tone netral, seperti warna hitam, putih, atau cokelat

Kesan Classy dengan warna Putih dan Emas

Perpaduan dari dua warna klasik, putih dan emas mampu menghadirkan kesan classy. Jangan lupa untuk menyesuaikan dekorasi meja dan aksesori lainnya dengan warna putih dan emas. Sebenarnya ada banyak agenda dan persiapan yang cukup melelahkan untuk membuat bridal shower bagi calon pengantin menjelang hari pernikahan.

Bridal shower merupakan momen yang menyenangkan untuk calon pengantin wanita dan orang-orang terdekatnya sehingga pastikan persiapkan dengan matang.