Sering Bikin Ganggu, Ini 5 Cara Atasi Anak Rambut Berantakan

Selasa, 23 Agustus 2022 | 21:30:00

Sering Bikin Ganggu, Ini 5 Cara Atasi Anak Rambut Berantakan

Ilustrasi wanita ikat rambut (Special)

Ladiestory.id - Anak rambut sering sekali mengganggu penampilan. Apalagi jika kamu menggunakan hijab, anak rambut sering tak sengaja muncul atau keluar.

Anak rambut atau baby hair merupakan istilah yang digunakan pada rambut yang baru tumbuh di sekitar garis dahi, area leher, dan dekat kuping. Meskipun mengganggu, anak rambut memiliki banyak fungsi yang baik. Salah satu fungsinya adalah melindungi dari paparan sinar matahari. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk atasi anak rambut berantakan.

Jangan Sering Keramas

Ilustrasi keramas. (pinterest)

Rutin membersihkan rambut atau keramas dapat menyebabkan rambut kering. Hal ini disebabkan saat terus-menerus keramas, rambut akan mengurangi kandungan minyak dan menghilangkan kelembabannya. Anak rambut yang berantakan biasanya umum terjadi pada rambut yang kering.

Anak rambut akan lebih sulit untuk dirapihkan jika kondisi rambut tidak lembab. Selain itu, rambut yang terlalu sering keramas akan kehilangan nutrisinya. Rambut akan cepat rontok atau patah.

Maskara Bening

Ilustrasi Maskara. (Special)

Tak hanya maskara hitam, maskara bening juga menjadi produk populer dengan miliki banyak manfaat. Salah satu manfaat maskara bening adalah untuk merapikan anak rambut.

Maskara rambut memiliki gel yang berfungsi untuk menyisir helai rambut halus yang mengganggu. Kamu bisa gunakan saat ingin menggunakan hijab agar saat pakai ciput, anak rambut tidak keluar.

Selain itu, cara ini sangat efektif untuk merapihkan anak rambut dan sudah sering digunakan di negara lain agar anak rambut tidak mengganggu penampilan kamu.

Gunakan Hair Spray

Hair Spray Rambut. (Special)

Pasti kamu tak asing dengan hair spray yang sering digunakan pada make up MUA. Hair spray digunakan untuk menjaga agar rambut dapat bertahan lama. Selain itu, hair spray dapat membuat rambut kamu tetap sesuai kondisi yang diinginkan selama pemakaian.

Sayangnya, pemakaian hair spray tidak baik digunakan terlalu sering. Karena bahan kimia pada kandungan hair spray yang dapat membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala. Namun, jika menggunakan hair spray, kamu juga harus rutin menggunakan vitamin rambut.

Pakai Sisir Logam

Ilustrasi Sisir Serit. (Special)

Sisir logam memiliki tekstur yang tajam dan kasar. Sisir ini dapat membuat rambut lebih rapih dan anak rambut tidak akan berantakan. Selain itu, penggunaan sisir logam juga dapat membersihkan rambut dari kotoran, seperti debu atau ketombe karena bentuknya yang rapat.

Aplikasikan Hair Oil

Hair Oil - Minyak Rambut. (Special)

Minyak rambut ini dibuat khusus untuk rambut yang kering dan mudah kusut. Minyak rambut dapat menjaga kelembapan dan menutrisi agar rambut berkilau. Kamu bisa gunakan minyak rambut untuk membuat anak rambut tetap rapi.

Jika rambut kurang bernutrisi, kamu bisa rutin menggunakan minyak rambut sebelum keramas. Ambil secukupnya dan aplikasikan pada ujung rambut.

Caranya kamu bisa oleskan minyak ke rambutmu secara merata, selanjutnya kamu perlu sisir bagian rambut agar terlihat rapi.