Sering Dianggap Sepele, Ini 7 Tips Atasi Flu Dengan Cepat

Selasa, 2 Januari 2024 | 18:27:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Sering Dianggap Sepele, Ini 7 Tips Atasi Flu Dengan Cepat

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Flu atau influenza merupakan salah satu penyakit yang pernah diderita oleh semua orang. Gejala flu biasanya berlangsung sekitar satu minggu, namun terparahnya biasanya hanya muncul selama dua atau tiga hari.

Melansir healthline, Dr. Daniel Murrell, MD.,  menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi. Namun, ada beberapa hal yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi flu dengan cepat.

Tetap Berada di Rumah

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Saat seseorang terkena flu, maka tubuhnya membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus influenza tersebut. Karenanya, sangat penting bagi seseorang untuk tetap beristirahat di rumah apabila sedang terkena flu.

Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tetap berada di rumah juga dapat mencegah penyebaran flu ke orang lain di sekitar.

Hidrasi

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Tubuh seseorang yang terkena flu sangat membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang. Cairan dalam tubuh juga berfungsi melawan infeksi yang disebabkan oleh virus influenza.

Saat terkena flu, seseorang sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Tidur merupakan salah satu obat terbaik untuk mengatasi flu. Saat terkena flu, tidurlah lebih awal dari biasanya agar tubuh dapat beristirahat lebih lama. Istirahat dan tidur yang cukup juga dapat mengurangi risiko komplikasi flu yang serius, seperti pneumonia.

Makan Buah dan Sayur

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Saat terkena flu, tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Buah dan sayur segar yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus influenza.

Pergi ke Dokter

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Obat antivirus biasanya hanya tersedia dengan resep dokter, karenanya seseorang harus pergi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat antivirus yang dapat meringankan gejala sakit flu. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat flu yang dapat meringankan gejala sakit flu. 

Lakukan Vaksinasi

Ilustrasi Flu. (Freepik.com)

 

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Dengan mendapatkan vaksinasi, maka tubuh seseorang akan terlindungi dari serangan flu dan jenis virus lainnya.