Sering Insecure dalam Hubungan Asmara? Lakukan 4 Tips Berikut Ini

Senin, 13 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Sering Insecure Dalam Hubungan Asmara? Lakukan 4 Tips Berikut Ini

Badut dalam Hubungan Cinta (Special)

Ladiestory.id - Dalam menjalin hubungan asmara, ada kalanya seseorang mengalami masalah yang tak diinginkan. Terkadang masalah-masalah tersebut akhirnya menyebabkan seseorang menjadi rendah diri atau insecure.

Rasa insecure muncul karena adanya hal-hal yang tidak tercapai oleh seseorang. Akibatnya, seseorang akan merasa terancam posisinya di dalam hubungan asmara mereka. Jika tak diatasi, perasaan insecure ini justru bisa menimbulkan masalah baru dalam hubungan.

Untuk itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan rasa insecure Kamu yuk!

Selidiki Penyebabnya

Ilustrasi merenung (Special)

Rasa insecure muncul karena dipicu oleh hal-hal tertentu. Untuk itu, perlu diketahui faktor pemicu utama rasa insecure itu muncul. 

Kamu dapat mulai merenung untuk mencari tahu faktor utama penyebab rasa insecure. Jika sudah menemukan alasannya, mulailah untuk mencoba mengatasinya. Bersikap optimis dan selalu percaya bahwa semua masalah memiliki jalan keluarnya. Tanamkan motivasi kuat untuk selalu memperbaiki diri sehingga kamu dapat melawan rasa insecure tersebut.

Ungkapkan Perasaan pada Pasangan

Ilustrasi komunikasi dengan pasangan (Special)

Perasaan insecure muncul bukan hanya karena masalah dalam diri sendiri. Terkadang rasa tersebut muncul karena dipicu oleh orang lain, contohnya pasangan Kamu sendiri. 

Jika hal seperti ini terjadi, sebaiknya diskusikan dengan pasangan untuk mendapat solusi terbaik bagi hubungan bersama. Sehingga, pasangan Kamu juga dapat melakukan refleksi diri akan perlakuan mereka terhadapmu. Diskusikan dengan kepala dingin dan bahasa yang saling menghargai.

Bangun Pola Pikir yang Luas

Ilustrasi berpikir (Special)

Masih berhubungan dengan poin kedua. Saat Kamu mencoba untuk berdiskusi dengan pasangan, cobalah cerna penjelasan dari pasangan Kamu dengan pikiran yang luas. Cobalah untuk pahami sudut pandang pasangan Kamu.

Karena mungkin saja perilaku dari pasanganmu juga disebabkan oleh faktor eksternal yang tidak menyenangkan, misalnya faktor keluarga, faktor pekerjaan, atau hal lainnya.

Minta Bantuan Tenaga Ahli

Ilustrasi konsultasi dengan ahli (Special)

Jika rasa insecure yang Kamu alami dirasa cukup parah dan menggangu, ada baiknya jika segera dikonsultasikan dengan tenaga ahli. Terkadang ada beberapa hal yang tak bisa diatasi sendirian dan perlu penanganan dari pihak profesional. Kamu bisa konsultasi sendiri atau juga mengajak pasanganmu supaya sama-sama mengetahui duduk permasalahan yang dirasakan.

Merasa insecure dalam sebuah hubungan merupakan hal yang wajar. Namun, hal tersebut juga perlu ditangani dengan baik secara bersama-sama agar hubungan asmara Kamu selalu harmonis dan sehat.

s