Sering Merasakan Badan Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Rabu, 1 Desember 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sering Merasakan Badan Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Beberapa orang mungkin pernah mengalami hal ini tubuh mudah lemas secara terus menerus bahkan mudah merasa lelah walaupun sudah cukup tidur. Lelah memang dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Namun, jika kita sudah merasa lelah padahal belum memulai aktivitas ini menjadi sesuatu yang perlu dipertanyakan.  Faktanya mengalami keluhan pada badan lemas dan lelah yang terus menerus akan mengganggu waktu istirahat bahkan bermasalah pada kesehatan

Penyebab Badan Lemas secara Terus-menerus 

Biasanya, kelelahan terjadi karena kekurangan energi atau respons dari padatnya aktivitas, kebiasaan makan yang kurang baik, stres secara emosional, mengalami rasa bosan, dan kurang tidur.

Walaupun begitu, kelelahan dapat hilang ketika kita tidur atau beristirahat dengan cukup. Hanya saja, ada beberapa kasus yang membuat kelelahan belum membaik walaupun sudah cukup tidur, makan bergizi dan jauh dari stres.

Namun, alangkah lebih baiknya jika muncul keluhan badan lemas yang tak kunjung sembuh kita bisa konsultasikan kepada dokter supaya mengetahui penyebab yang pastinya. Selain itu, rasa lelah yang tak kunjung hilang menjadi pertanda kita mengalami masalah kesehatan.

1. Sedang mengalami Depresi

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang umum terjadi. Gangguan ini ditandai dengan perasaan atau ketidakbahagiaan secara terus menerus sehingga dampak pada kesehatan fisik.

Faktanya, depresi dapat memangkas habis energi sehingga membuat kita merasa lelah. Ada beberapa gejala lain yang muncul seperti kelelahan, sulit tidur, nafsu makan berkurang, dan sulit berkonsentrasi.

Foto: tribunnews

2. Tubuh Kurang Sel Darah Merah

Salah satu penyebab lain adalah Anemia. Ini merupakan kondisi berkurangnya jumlah sel darah merah pada kandungan hemoglobin di dalam darah sehingga orang dengan anemia kurang mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kita dapat melihat gejalanya dari 3L — lemah, letih, lesu — dan mudah pusing.

3. Kemungkinan Gejala Gagal Jantung

Dampak dari kelelahan adalah gagal jantung. Dampaknya adalah sensasi badan lemas serta kelelahan yang berlebihan. Ketika kita mengalami sakit jantung, rasa lelah membuat semakin buruk setelah berolahraga. Gejala lain adalah pembengkakan di lengan/kaki dan sesak napas.

4. Sleep Apnea

Istilah yang mungkin jarang kita dengar tapi pernah dialami. Sleep apnea merupakan gangguan tidur sehingga pernapasan sering berhenti selama tidur alias ngorok. Hal ini menyebabkan organ tubuh khususnya otak kurang mendapatkan oksigen yang cukup yang berakibat pada kualitas tidur yang menurun dan membuat kita merasa kelelahan.

Foto: detik

5. Gaya Hidup yang Kurang Baik

Tanpa kita sadari terkadang padatnya aktivitas dan tuntutan membuat kita sulit untuk mengatur gaya hidup dengan benar. Pasalnya, kesibukan padat terkadang hanya berujung pada rasa lelah atau lemah secara terus-terusan.

Gaya hidup yang buruk bisa membuat kita merasa kelelahan dengan kurangnya aktivitas fisik, kurang tidur, terlalu banyak pekerjaan, kerja shift, dan lainnya.

Selain itu, penggunaan obat-obatan terlarang dan pemakaian alkohol yang menyebabkan munculnya rasa lelah karena zatnya dapat mempengaruhi sistem saraf dan mengganggu pola tidur. Tentu saja, kuantitas dan kualitas tidur jadi terganggu yang memicu kelelahan.

Ada berbagai penyebab dari dari kelelahan yang terus menerus, mulai kenali penyebabnya. Jika terus berlanjut, jangan ragu untuk menemui tenaga medis.