Langganan Rancang Busana Pengantin Seleb, Siapakah Sosok Hian Tjen?

Rabu, 8 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Langganan Rancang Busana Pengantin Seleb, Siapakah Sosok Hian Tjen?

Han Tjen Perancang Busana Muda Indonesia (Special)

Ladiestory.id - Belakangan ini banyak kalangan selebritas yang menggelar pernikahan, mulai dari Maudy Ayunda, Eva Celia, lalu yang paling terbaru Deddy Corbuzier. Uniknya, dari ketiga pernikahan selebritas itu, muncul satu nama yang sama, yaitu Hian Tjen. Lalu siapa sih Hian Tjen ini?

Hian Tjen merupakan perancang busana muda Indonesia. Ia merupakan lulusan ESMOD Jakarta pada 2003. Mengawali kariernya selama 5 tahun dengan bergabung di retail fashion, Hian Tjen akhirnya memutuskan untuk membuat brand dengan namanya sendiri. 

Sosoknya memang sudah tidak asing dikalangan selebritas. Sebelumnya, Han Tjen pernah digaet untuk merancang gaun pernikahan beberapa selebritas ternama, seperti Chelsea Olivia, Lesty Kejora, Nikita Willy, Tasya Kamila, dan juga Ririn Ekawati. 

Busana rancangannya kerap menuai pujian dari publik karena desainnya yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Busana rancangan miliknya memiliki karakteristik potongan yang unik yang dapat menonjolkan keanggunan si pemakainya.

"Estetika saya adalah keanggunan garis sederhana, arsitektur modern, dan feminitas yang sangat bersih dengan sentuhan drama," tulisnya dalam website brand milik Hian Tjen dengan nama yang sama.

Prestasinya tidak tanggung-tanggung. Setahun setelah kelulusannya, ia berhasil masuk ke dalam 10 besar finalis "Concours Creation de Mode" di Paris. Bahkan, pada tahun berikutnya ia masuk 5 besar finalis "Concours Creation de Bijoux" yang juga diadakan di Paris.

Pada 2007, Han Tjien mendapatkan gelar juara favorit pada lomba Perancang Mode Femina, yang merupakan salah satu ajang fashion bergengsi di Indonesia. 

Namanya juga dapat disandingkan dengan beberapa perancang busana ternama, seperti Biyan Wanaatmadja dan Sebastian Gunawan.

Han Tjen beberapa kali menjadi perancang busana untuk ajang bergensi, salah satunya sebagai perancang busana untuk finalis Puteri Indonesia 2010. Ia bahkan pernah dipercayakan untuk merancang busana Leila Lopes, Miss Universe 2011.

Beberapa kali Han Tjen telah menggelar acara peragaan busana hasil karyanya, salah satunya pada 2010. Kala itu, ia menggelar peragaan busananya dengan tajuk "Rejuvenate" yang diadakan di Upper Room, Jakarta. 

Dia juga ikut berpartisipasi dalam acara Jakarta Fashion Week.

s