Cermati, 5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Magang

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:30:00

Cermati, 5 Sikap Yang Harus Dilakukan Saat Magang

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Ladiestory.id - Magang merupakan proses pelatihan kerja yang diselenggarakan lewat pendidikan atau lembaga pelatihan. Saat magang banyak yang harus dipersiapkan, salah satunya sikap yang harus dilakukan saat bekerja nanti. Magang menjadi salah satu jembatan yang dapat melatih kita sebelum masuk kedalam dunia kerja yang sebenarnya. Berikut 5 sikap yang harus kalian pegang saat magang.

Kemampuan Komunikasi

Ilustrasi konsultan komunikasi. (Special)

Komunikasi merupakan bagian yang terpenting. Tak hanya pada dunia kuliah, dunia kerja sangat mengutamakan komunikasi yang baik. Saat ingin mendaftar magang, kamu akan dihadapkan dengan proses seleksi yang diselenggarakan sebuah perusahaan. Saat itulah peran komunikasi dalam interview dinilai. Kamu harus mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Selain itu, saat magang berkomunikasi yang baik dalam perusahaan atau instansi pemerintah juga harus kamu pegang. Jadi penting untuk melatih diri sebelum kamu benar-benar di dunia kerja. Salah satu tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menambah skill adalah mencoba berbicara di depan cermin atau mengikuti webinar tentang soft skill yang dapat meningkatkan percaya diri kamu saat magang nanti.

Menerapkan Ilmu yang Sudah Didapatkan

Ilustrasi orang yang mengikuti tes secara daring. (Special)

Sebelum waktu untuk magang, kampus atau lebaga pendidikan akan beri pengarahan dan wawasan yang dapat kamu praktikan saat magang nanti. Misalnya saat kamu ingin mendaftarkan diri untuk magang sebagai content writer atau Design Graphic. Tentu kamu sudah diberi bekal ilmu dan tugas-tugas yang dapat melatih kamu sebelum waktunya magang.

Jika dirasa kurang, kamu bisa ikutin course atau seminar-seminar tentang skill yang kamu ingin capai. Saat ini sudah banyak konten-konten bermanfaat yang dapat kamu akses dengan mudah melalui YouTube ataupun TikTok. Kamu bisa mengasah skill secara otodidak di rumah.

Manajemen Waktu

Ilustrasi bekerja. (Special)

Merupakan sikap disiplin seseorang dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan agar lebih teratur dan terencana. Hal ini penting dilakukan saat magang nanti. Biasanya saat magang kamu akan diberi tugas dengan tegat waktu yang ditentukan. Kamu harus menyelesaikan tugas semaksimal mungkin dengan waktu yang cukup. Karena saat magang kamu tak hanya melatih skill, namun juga punya tanggung jawab yang besar terkait perusahaan tempat kamu bekerja.

Adaptasi

ilustrasi team work saat bekerja Foto: Ladiestory.id

Berkaitan dengan poin komunikasi, saat magang kamu juga perlu untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan baru dan juga orang baru yang kamu temui. Adaptasi sangat penting untuk memperlancar kerjaan kamu saat magang disana. Selain berkenalan dengan orang baru, kamu juga mendapat relasi yang luas terkait pekerja disana yang dengan siap bantu kamu saat kesulitan.

Tekun dan Bertanggung Jawab

ilustrasi bekerja  (Special)

Saat kamu magang biasanya akan langsung dihadapkan dengan pekerjaan yang sesuai dengan posisimu. Saat itulah kamu dilatih untuk menunjukan skill mu dengan tugas-tugas yang diberikan. Jangan sepelekan tugas yang diberikan, magang bisa menjadi jembatan kamu untuk bisa bekerja di suatu perusahaan.

s