Simak Sejarah dan Fakta Celana Jeans, Andalan Wanita Tampil Bergaya

Jumat, 7 Oktober 2022 | 15:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Simak Sejarah Dan Fakta Celana Jeans, Andalan Wanita Tampil Bergaya

Ilustrasi celana jeans. (Special)

Ladiestory.id - Dalam dunia fashion, terdapat banyak item yang menjadi favorit para wanita. Mulai dari atasan hingga bawahan dan aksesoris yang siap melengkapi tampilan busana setiap hari. Salah satu fashion item yang tetap menjadi andalan para wanita dan tak pernah lekang oleh waktu, yaitu celana jeans.

Bahkan, tak hanya wanita yang menggunakan celana jeans. Sebab, kaum pria juga menjadi celana jeans sebagai salah satu pilihan terbaik dalam berbusana. Meski terlihat hanya sebagai celana biasa, namun nyatanya celana jeans memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya. Berikut ulasannya.

Sejarah Perkembangan

Ilustarasi celana jeans. (Special)

 

Sejak tahun 1800-an, kata jeans telah muncul dalam masyarakat. Namun, sebutan tersebut digunakan untuk pabrik yang memproduksi pakaian berbahan 100% cotton. Kemudian mengalami perubahan makna pada abad ke-20 sebagai makna garment. Jeans juga merupakan item fashion yang banyak digunakan oleh para pekerja berat misalnya, bidang tambang atau lainnya. Sebab, material celana jeans yang tebal dan kasar sangat cocok untuk membantu para pekerja terlindungi dari kegiatannya.

Bahan jeans ditemukan di Genoa, Italia dan Nimes, Prancis. Celana berbahan jeans dijahit pertama kali oleh Jacob W. Davis guna memenuhi kebutuhan para pekerja tambang. Kala itu, jeans hanya memiliki dua pilihan warna, yaitu cotton duck dan blue indigo.

Seiring berjalannya waktu, tren mengenakan celana jeans mulai mendunia. Hal tersebut disebabkan sejak pemain film ternama Hollywood Tom Hix mengenakannya pada tahun 1920 dalam film "The Untamed". Tak hanya itu, beberapa aktor ternama lain juga ikut mempopulerkan, seperti John Wayne hingga Garry Cooper. Sehingga, jeans perlahan menjadi budaya counter culture hingga disebut sebagai item wajib dalam dunia fashion.

Ciri Khas Celana Jeans

Ilustrasi celana jeans. (Special)

 

Meski hampir serupa dengan celana lainnya, nyatanya celana jeans memiliki ciri khas yang cukup mudah diingat. Pada umumnya, celana jeans akan memiliki ciri khas dasar seperti zipper, riped, watch pocket dan arcuate. Saku kecil yang terdapat pada bagian atas saku utama celana jeans dapat digunakan untuk menyimpan jam atau benda kecil lainnya. 

Pada masa lalu, saku tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan kompas. Meski kini saku kecil jarang digunakan masyarakat. Namun, tetap saja saku kecil disematkan dan menjadi ciri khas yang melekat pada celana jeans.

Jenis Celana Jeans

Ilustrasi skinny jeans. (Special)

 

Kini, celana jeans telah melahirkan berbagai jenis yang dapat memenuhi kebutuhan fashion kamu. Selain itu, varian warna yang dihadirkan juga semakin beragam. Nah, sebentar lagi tahun 2022 akan berakhir dan menyambut tahun yang baru. Berikut empat jenis celana jeans yang wajib kamu miliki untuk melengkapi penampilanmu.

Pertama, boyfriend jeans yang dapat menjadi pilihanmu. Sebab, modelnya yang menarik dan potongan baggy fit-nya menjadikan celana ini dapat digunakan oleh bentuk badan apa pun. Selain itu, meski longgar, kamu tetap terlihat chic saat menggunakannya.

Kedua, wide leg jeans yang memiliki potongan lurus serta melebar, mulai dari bagian paha hingga ke mata kaki. Celana ini sangat cocok bagi kamu yang kurang merasa pede dengan ukuran kaki kecil.

Ketiga, skinny jeans merupakan jenis celana yang memiliki model ketat dan membentuk lekuk tubuh. Bagi kamu yang tinggi, dapat menggunakan celana satu ini untuk memberi kesan kaki terlihat jenjang.

Keempat, high waist yang menjadi sangat hype di kalangan anak muda. Sebab, potongannya pada pinggang yang lebih tinggi membuat kesan kaki terlihat jenjang saat digunakan.

Cara Merawat Celana Jeans

Ilustrasi celana jeans hitam. (Special)

 

Celana jeans dikenal memiliki tekstur bahan yang tebal dan kasar. Meski demikian, dalam merawatnya memerlukan perawatan yang baik. Hal tersebut dilakukan supaya bahan celana terjaga dan tidak merusak elastisitasnya. Serta, saat mencucinya perlu penanganan yang tepat supaya tetap terjaga kebersihannya dan awet. Pertama, pisahkan celana jeans dengan pakaian kotor lain yang berbahan lembut atau berwarna. Kedua, baliklah celana jeans sebelum dicuci. Hal ini membantu menghindari lunturnya warna pada celana. Ketiga, merendam celana jeans dengan air dingin dan detergen. Empat, jika mencuci menggunakan mesin cuci, gunakan putaran rendah saat mencucinya. Terakhir, jemur celana jeans hingga kering.

Mix and Match Busana dengan Celana Jeans

Ilustrasi celana jeans. (Special)

 

Celana jeans merupakan jenis fashion item casual yang dapat kamu gunakan dengan busana lain, lho! Nah, bagi kamu yang masih kebingungan, berikut tiga ide mix and match celana jeansmu untuk penampilan menawan. Pertama, gunakan kemeja putih. Atasan ini sangat tepat untuk penampilanmu supaya terlihat rapi dan bersih. Kedua, padu padankan dengan jaket kulit. Tampilan ini akan membantumu menciptakan aura cool yang terpancar kuat. Ketiga sweatshirt. Bagi kamu yang senang terlihat santai, padu padan ini akan membuatmu terlihat menawan dan juga menyenangkan.