Sinusitis Cukup Parah, Apakah Bisa Sembuh?

Selasa, 30 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sinusitis Cukup Parah, Apakah Bisa Sembuh?

Foto: klik dokter

Ladiestory.id - Penyebaran mengenai penyakit sinusitis sedang banyak dibicarakan. Hal ini membuat sinusitis menjadi penyakit yang sudah tidak langka. Selain itu, yang namanya penyakit sifatnya tidak pandang bulu sehingga dapat menyerang siapa saja dari pria atau wanita, tua atau muda, bahkan anak-anak.

Penyebab dari sinusitis dikarenakan adanya infeksi virus maupun bakteri. Bukan hanya itu sinusitis terjadi pada bagian belakang dinding tulang pipi dan dahi terdapat rongga. Bagian itu berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembaban udara sebelum masuk ke dalam paru atau yang disebut dengan rongga sinus. 

Pada orang dewasa, sinusitis terjadi akibat pembengkakan dinding dalam hidung. Pembengkakan ini disebabkan virus flu atau pilek yang menyerang sinus sebagai saluran pernapasan atas. 

Namun sesuatu yang perlu diwaspadai dikarenakan penyakit ini berlangsung sekitar 3 bulan dan sering kambuh sehingga menyebabkan sinusitis kronis. Pertanyaannya adalah bisakah sinusitis yang sering kambuh itu sembuh total.

Foto: kompas

Sebagai penyakit yang tidak biasa, usahakan untuk tidak menunda-nunda mengobatinya. Namun, sinusitis yang tidak ditangani secara cepat dapat menimbulkan masalah serius, seperti hilangnya indra penciuman secara permanen. 

Penanganan terhadap Sinusitis

Foto: alodokter

Sinusitis yang sering kambuh, faktanya tetap bisa sembuh. Secara umum, sinusitis dapat diatasi dengan obat-obatan. Sedangkan untuk penanganan lainnya dibantu dengan semprotan salin ke rongga hidung untuk membersihkan ruang hidung, kortikosteroid nasal untuk meredakan peradangan, dekongestan untuk meringankan hidung mampet, dan antinyeri untuk meringankan rasa sakit pada wajah atau kepala.

Jika diperlukan, kita dapat menambahkan antibiotik untuk sinusitis sifatnya berat, progresif, dan persisten. Sedangkan Sinusitis bakterial yang ringan dapat sembuh tanpa antibiotik. Seimbangkan dengan metode pengobatan non-medikamentosa. Misalnya:

  1. Istirahat.
  2. Konsumsi cairan yang banyak.
  3. Melembabkan rongga hidung dengan menaruh handuk hangat ke wajah atau menghirup uap panas.
  4. Tidur dengan beberapa bantal, usahakan kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mempermudah pengosongan sinus.

Tips Pencegahan Sinusitis

Foto: klik dokter

Cara lain untuk mencegah penyakit agar tak kambuh lagi adalah dengan memperhatikan berbagai hal seperti berhenti merokok, menghindari pengidap flu dan pikel, dan melakukan imunisasi flu. Ketika telah terindikasi mengalami sinusitis memang membutuhkan pengobatan yang lebih intensif dibandingkan pilek biasa.

Hal ini dikarenakan sinusitis yang bersifat akut dan disebabkan oleh infeksi. Tapi, penyakit ini bisa disembuhkan dengan sempurna. Selain dibantu dengan pemberian obat yang tepat, kita perlu menerapkan gaya hidup yang benar.

Sinusitis biasanya terjadi karena virus maupun bakteri. Penanganannya tidak sama tergantung jenis dan penyebabnya. Sedangkan Antibiotik diperlukan pada sinusitis yang terjadi karena bakteri. Hal ini dilakukan untuk membantu melawan bakteri penyebab sinusitis dan mempercepat kesembuhan.

Antibiotik pada sinusitis akibat virus kurang berjalan efektif. Penanganan yang dibutuhkan pada sinusitis akibat virus terdiri dari beberapa macam obat.

Obat pertama yang dibutuhkan analgesik atau obat penghilang nyeri. Selain itu, obat steroid yang dimasukkan ke hidung mengurangi keparahan gejala. Sebagai alternatif, lakukan irigasi hidung menggunakan cairan fisiologis (NaCl 0,9 persen) untuk membersihkan hidung dan mempercepat kesembuhan.