Masuki Dunia Perkuliahan, Ini 4 Skill yang Wajib Kamu Miliki

Sabtu, 26 Februari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Masuki Dunia Perkuliahan, Ini 4 Skill Yang Wajib Kamu Miliki

Skill Masuk Dunia Perkuliahan (Special)

Ladiestory.id - Dunia perkuliahan, wah kata perkuliahan pasti sudah sering Kamu dengar bukan? Nah dunia perkuliahan sendiri akan dijalani anak-anak muda lulusan SMA yang akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke universitas. Biasanya anak-anak yang masuk ke dunia perkuliahan disebut mahasiswa dan mahasiswi.

Di sanalah para mahasiswa/mahasiswi ini akan dididik dan dilatih untuk siap menjalani hidup yang sebenernya di luar sana. Di dunia perkuliahan tak hanya materi saja yang akan dapat, tetapi ada pesan-pesan moral dan attitude yang diajarkan.

Di sana Kamu diharuskan untuk hidup mandiri, karena nantinya setelah lulus Kamu akan dihadapkan persoalan yang lebih rumit lagi. Contohnya pada dunia pekerjaan, seperti menjadi seorang wirausaha atau pegawai di perusahaan besar.

Jika Kamu tidak berusaha hidup mandiri sejak sekarang dan selalu menggantungkan segala hal ke orang lain, maka Kamu akan kesulitan saat masuk ke dunia perkuliahan. Lalu untuk mempersiapkan masuk ke dunia perkuliahan, apa saja ya skill yang perlu Kamu miliki? Beriut pembahasan yang Ladiestory.id rangkum untuk Kamu.

Bertanggung Jawab

Skill Masuk Dunia Perkuliahan (Special)

Tanggung jawab memang sepertinya bukan sesuatu yang harus ada saat akan masuk ke dunia perkuliahan. Sikap bertanggung jawab memang harus Kamu miliki sejak kamu masih kecil. Kamu bisa melatihnya dari hal-hal kecil, seperti bertanggung jawab atas sesuatu yang Kamu lakukan dan Kamu ucapkan. Hal-hal seperti inilah yang akan membentuk karakter baik dalam dirimu.

Nah nanti jika Kamu sudah masuk ke dunia perkuliahan dan menjadi seorang mahasiswa, Kamu sudah terbiasa untuk segala pilihan yang Kamu tentukan.  Termasuk pilihanmu atas kelas-kelas yang ada di bangku perkuliahan.

Kemampuan Berkomunikasi atau Public Speaking

Skill Masuk Dunia Perkuliahan (Special)

Ketika Kamu sudah memasuki dunia perkuliahan, Kamu pasti akan bertemu dengan banyak orang baru dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika Kamu belum memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, Kamu akan kesulitan untuk beradaptasi nantinya. Selain itu ketika dunia perkuliahan berlangsung, Kamu akan dituntut untuk selalu aktif menyampaikan kritik, pendapat, dan juga saran.

Nantinya Kamu juga akan dituntut untuk banyak presentasi, dengan kata lain public speaking yang Kamu miliki harus diasah kembali supaya Kamu bisa berbicara di depan banyak orang dan tidak merasa gugup. Jika kemampuan berkomunikasi atau publik speakingmu tidak ada, maka Kamu akan kesulitan dalam berkata-kata terutama di depan banyak orang.

Mampu Memanajemen Waktu yang Ada

Skill Masuk Dunia Perkuliahan (Special)

Manajemen waktu itu salah satu skill yang wajib Kamu miliki dan sangat penting. Ketika Kamu sudah masuk ke dunia perkuliahan dan menjadi seorang mahasiswa. Pasti akan banyak kegiatan yang menyita waktumu, jika Kamu tidak pandai-pandai memanajemen waktu yang Kamu miliki, maka Kamu akan kewalahan nantinya.

Untuk mengatasi hal seperti itu Kamu bisa mempersiapkan diri dengan membuat jadwal dan mencatat agenda Kamu di kalender atau di buku catatan yang selalu Kamu bawa. Tetapi hal yang terpenting jangan lupakan waktu istirahat!

Berpikir Kritis

Skill Masuk Dunia Perkuliahan (Special)

Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan seorang mahasiswa. Karena nantinya di dunia perkuliahan Kamu akan banyak menghadapi berbagai masalah mengenai mata kuliah yang rumit. Tak hanya itu, Kamu juga dituntut untuk mencari solusi dari masalah yang ada di mata kuliahmu. Kamu harus berlatih untuk berpikir kritis mulai dari sekarang, supaya nantinya Kamu tidak akan kebingungan ketika dituntut untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah.