Stres Jelang Hari Pernikahan? Atasi dengan 5 Tips Ini, Yuk!

Minggu, 21 Mei 2023 | 17:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Stres Jelang Hari Pernikahan? Atasi Dengan 5 Tips Ini, Yuk!

Ilustrasi Momen Bermakna. (Special)

Ladiestory.id - Menjelang hari bahagia pernikahan banyak orang yang merasa panik, khawatir, deg-degan bahkan haru bahagia untuk melepas masa lajangnya.

Tak heran mendekati hari pernikahan terkadang ada saja tekanan psikologis yang muncul mulai dari rasa stres, ragu dan takut untuk menikah pun kerap dihadapi. Jika kamu mengalami hal seperti ini maka jangan panik dulu, Ladies.

Kamu pun bisa melakukan lima tips seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Siapkan Mental

Ilustrasi konflik dalam persiapan pernikahan. (Special)

 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah menyiapkan mental menjelang hari pernikahan. Bagi kamu yang baru pertama kali menikah dan akan memulai bahtera rumah tangga dengan pujaan hati baik mempelai pria maupun wanita keduanya harus siap secara mental dan kuat menghadapi berbagai macam persoalan yang datang menjelang hari pernikahan.

Apabila kalian bisa kuat dan sabar menghadapi cobaan yang datang maka kalian pun pasti bisa menghadapi ujian rumah tangga yang akan datang dikemudian hari. Jika mentalmu sudah siap maka kamu juga harus meyakinkan dirimu untuk mantap menikah sesuai niat dan perintah agama, dengan begitu keraguanmu pun akan perlahan menghilang dengan sendirinya.

Terus Jalin Komunikasi dengan Pasangan

Ilustrasi perempuan chattingan. (Special)

Sebagai calon pengantin dan akan segera melangsungkan pernikahan, kamu dan pasangan harus tetap menjadi tim yang kompak. Ketika ada hal-hal yang membuatmu ragu menjelang pernikahan maka kalian bisa saling berkomunikasi untuk mencari solusinya.

Libatkan pasangan dalam persiapan pernikahan, apabila salah satu diantara kalian merasa stres, coba ajak pasangan diskusi dan saling support untuk mengurangi tekanan dan rasa khawatir yang berlebihan. Ingat, pernikahan yang sakral adalah milik kalian bersama, oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk saling menyemangati.

Berhenti Sejenak dari Aktivitas Harian

Istirahat yang Dibutuhkan Tubuh (Special)

 

Menjelang hari pernikahan sebaiknya kamu dapat lebih fokus dengan acara yang akan diselenggarakan. Berhenti sejenak dari aktivitas dan rutinitas harian yang menyita waktu, tenaga dan pikiranmu. Apabila kamu wanita karir yang sibuk bekerja, lebih baik segera ambil cuti untuk momen bahagiamu.

Tentunya menyiapkan acara pernikahan bukanlah hal yang mudah, apalagi kondisi fisik dan pikiranmu sangat lelah, hal ini akan berpengaruh di hari bahagiamu. Selain kurang maksimal, hal ini pun bisa memicu terjadinya pertengkaran antara dirimu dan pasangan.

Berikan Dukungan dan Saling Menghargai

Ilustrasi pasangan. (Special)

 

Menjelang hari pernikahan biasanya akan ada masalah yang muncul baik disengaja maupun secara tidak sengaja. Agar kamu dan pasangan tidak merasa stres dan tertekan maka berikanlah dukungan terhadap pasanagn dan tingkatkan rasa toleransi serta saling menghargai.

Jangan membesar-besarkan masalah yang muncul dan tepiskan ego masing-masing agar pernikahan kalian dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala apapun. Apabila ada hal yang kurang kamu setujui dari pihak keluarga maupun pasangan, maka hal ini harus dapat segera kalian atasi.

Lakukan Perawatan Diri

Ilustrasi Penggunaan Skincare. (Special)

 

Biasanya para calon pengantin melakukan berbagai perawatan kecantikan untuk membuat tampilan diri lebih maksimal saat hari pernikahan tiba. Cara yang satu ini pun bisa kamu lakukan untuk menenangkan dan merelaksasikan diri sebagai cara untuk menghindari stres yang berlebihan.

Kamu bisa melakukan spa untuk menghilangkan rasa stres dan lelah pada tubuhmu sehingga kualitas tidurmu pun akan lebih nyenyak sehingga kamu akan lebih segar di hari pernikahan tiba.