Jadi Immune Booster, Ini Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Sabtu, 25 Desember 2021 | 10:00:00

Jadi Immune Booster, Ini Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Ladiestory.id - Menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19 jelas sangat penting. Hal ini karena virus corona dapat menyerang orang  yang daya tahan tubuhnya rendah. Hal ini membuat wajib bagi Kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan immune booster yang mengandung vitamin dan antioksidan. 

Makanan Sehat Sumber Immune Booster

Sistem kekebalan dapat dipahami secara sederhana sebagai sistem operasi tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau virus penyebab penyakit. Oleh karena itu,  tubuh sangat membutuhkan immune booster karena tubuh tidak akan bekerja sendirian untuk meningkatkan daya tahan tubuh tersebut. 

1. Jeruk Sebagai Immune Booster Vitamin C

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

Banyak orang selalu mencari sumber vitamin C, karena vitamin C benar-benar dapat membantu membangun sistem immune booster. Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi. Nah, karena tubuh tidak mampu membuat atau menyimpan vitamin C, maka perlu mendapatkan vitamin C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan.

2. Paprika Sebagai Immune Booster Beta Karotin

Ilustrasi paprika. (Special)

Seperti jeruk, paprika termasuk  makanan yang juga kaya vitamin C. Jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung vitamin C hampir 3 kali lebih banyak daripada jeruk Florida. Paprika juga merupakan  sumber beta karoten yang sangat baik. Selain menjadi immune booster, vitamin C  juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara itu, beta karoten dalam paprika, yang diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi, dapat membantu menjaga kesehatan mata.

3. Yoghurt Sebagai Immune Booster Vitamin D

Ilustrasi yoghurt. (Special)

Kandungan probiotik yang  membuat yoghurt dapat menjadi immune booster. Agar lebih sehat, cobalah  mengonsumsi yoghurt tawar tanpa campuran gula. Jika ingin mencicipi, lebih baik Kamu mempermanis yoghurt tawar dengan buah atau madu yang sehat. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang sangat baik. Jadi cobalah untuk memilih merek yoghurt yang diperkaya dengan vitamin ini. Vitamin D dikenal untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. 

4. Almond Sebagai Immune Booster Vitamin E dan Lemak Sehat

Ilustrasi almond. (Special)

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang penting untuk mendukung immune booster. Sedangkan vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak, artinya membutuhkan adanya lemak agar dapat diserap dengan baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan stamina, disarankan juga untuk mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Almond kaya akan vitamin E dan juga mengandung lemak sehat. Untuk mendapatkan kecukupan vitamin E, Kamu bisa mengonsumsi 46 buah almond utuh yang sudah dikupas kulitnya.

5. Kunyit dan Rempah Lainnya Sebagai Immune Booster Antioksidan

Ilustrasi kunyit. (Special)

Rempah kuning ini dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Itu sebabnya kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit inflamasi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Curcumin, senyawa yang memberi warna khas pada kunyit, adalah zat yang sangat ampuh untuk membantu menyembuhkan luka dan infeksi.

Senyawa ini membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Berdasarkan hasil penelitian pada hewan, kurkumin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus. Namun, hal itu masih memerlukan lebih banyak penelitian.