Sempat Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, Intip Sumber Kekayaan Baim Wong

Kamis, 28 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sempat Daftarkan Citayam Fashion Week Ke Haki, Intip Sumber Kekayaan Baim Wong

Baim Wong. (instagram.com/baimwong)

Ladiestory.id - Nama Baim Wong sempat menjadi sorotan dari berbagai kalangan, mulai dari netizen, sesama artis, hingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan KamilPasalnya, perusahaan milik Baim, yakni PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan “Citayam Fashion Week” sebagai brand ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Rabu (20/7/2022).

Menuai pro dan kontra, suami Paula Verhoeven itu akhirnya mencabut pendaftaran merek Citayam Fashion Week dari HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Meski begitu, Baim Wong diketahui telah memiliki deretan bisnis yang menghasilkan jutaan hingga miliaran rupiah. Yuk intip sumber penghasilan Baim Wong di berbagai sektor!

YouTube

Baim Wong. (instagram.com/baimwong)

Selain menjadi seorang artis dan presenter ternama di Indonesia, Baim Wong juga dikenal dengan seorang YouTuber. Kanal YouTube miliknya bersama sang istri, Paula Verhoeven, yang bernama "Baim Paula" memiliki 20,8 juta subscribers.

Angka tersebut didapat hanya dalam kurun waktu dua tahun saja. Bahkan, Suguhan konten keseharian keluarga Baim Wong itu rata-rata ditonton ratusan ribu kali dalam setiap videonya. Hal ini menjadi pundi-pundi rupiah tersendiri untuk Baim Wong.

Data dari Social Blade menunjukan, kanal Baim Paula telah menghasilkan kisaran 338 dolar AS hingga 5,4 ribu dolar AS atau sekitar Rp5 Juta hingga Rp81 Juta setiap bulannya. Sehingga, dalam satu tahun, diperkirakan Baim Wong telah mengantongi 4,1 ribu dolar AS hingga 64,9 ribu dolar AS atau sekitar Rp73 Juta hingga Rp971 Juta.

Bisnis Kuliner

Baim Wong. (Special)

Tak hanya menjual konten, Baim Wong juga melebarkan sayapnya di dunia kuliner. Diketahui, ada beberapa bisnis di bidang kuliner yang dikembangkan oleh Baim Wong.

Bahkan, kuliner menjadi bisnisr pertama yang dibangun oleh bapak dua anak ini. Bisnis kuliner yang hingga kini masih beroperasi di antaranya Kokoa & Co, Bakmi Wong, Donuthing, Wong Bara, dan Ayam Gebug Bapau.

Selain itu, Baim memiliki bisnis kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kota yang memiliki sebutan Kota Pelajar ini dibangun bisnis kuliner oleh-oleh. Di sana, ia membuka bisnis bernama "Bakpia Wong Jogja", yang menjual oleh-oleh seputar bakpia.

Bisnis Fashion

Baim Wong. (Special)

Tak puas di kuliner, Baim Wong coba merambah dunia fashion. Pemilik nama lengkap Muhammad Ibrahim ini kembali memilih Yogyakarta sebagai kota untuk membuka bisnisnya.

Di Yogyakarta, Baim membuka bisnis batik yang telah dimulai sejak tiga tahun belakangan. Tepatnya pada 2018, Baim mendirikan usaha yang diberi nama "Batik Wong Jogja".

Brand Ambassador

Baim Wong. (instagram.com/baimwong)

Namanya yang tenar dan digandrungi banyak orang membuat beberapa jenama tertarik menggaet Baim Wong jadi brand ambassador. Tercatat, Baim Wong pernah menjadi brand ambassador di sejumlah produk, mulai dari smartphone hingga produk kecantikan.

Endorsement

Baim Wong. (instagram.com/baimwong)

Baim Wong juga kerap kebanjiran endorsement. Pada laman media sosialnya, Baim Wong kerap mengunggah berbagai produk endorse, mulai dari makanan, skincare, hingga pakaian.

Bahkan, Raffi Ahmad pernah membeberkan penghasilan endorse Baim Wong. Melalui kanal YouTube miliknya, Raffi mengungkap penghasilan Baim dari endorse mencapai Rp15 Miliar dalam satu bulan.

"Baim tuh paling gede kalo gue liat-liat sebulan dia sama endorse bisa Rp15 miliar," kata Raffi Ahmad.

Selain deretan pundi-pundi di atas, Baim Wong juga menggeluti profesi sebagai presenter, aktor, dan bintang iklan.

s