Sumber Makanan Berprotein Tinggi Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:31:04

LS Health

Penulis : LS Health

Sumber Makanan Berprotein Tinggi Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Bicara tentang protein, biasanya orang langsung terpikir daging merah atau telur yang berasal dari hewan. Namun, sumber protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan juga tidak kalah penting untuk tubuh. Selain mudah didapatkan, sumber protein nabati juga relatif lebih murah dan terjangkau. Protein nabati memiliki asam glutamat (sejenis asam amino) kaya yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi sumber protein dari tumbuhan juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan cepat mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Kebutuhan protein harian pun bisa sangat berbeda untuk setiap orang. Baiknya kamu mengonsumsi 10 persen protein dari total makanan setiap harinya. Namun, mereka yang ingin membentuk otot atau menjalani aktivitas fisik yang lebih banyak biasanya lebih banyak lagi.

Manfaat Protein Untuk Tubuh

Tingginya asam amino dalam sayur dan kacang-kacangan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi sayuran hijau juga sangat baik karena memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap.

Selain menjaga makanan dan berolahraga teratur, mengonsumsi protein nabati juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Protein nabati juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Dengan tekanan darah yang normal, kesehatan jantung pun akan terjaga. Minimnya kadar kolesterol jahat yang ada di dalam aliran darah juga akan banyak membantu kerja jantung lebih baik. Nantinya, protein nabati bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Menjaga berat badan ideal

Ngemil kacang-kacangan di sela-sela waktu makan akan bikin kamu lebih lama kenyang. Dengan begitu, kamu bisa menjaga porsi makan, khususnya pada siang dan malam hari.

Pada dasarnya sumber protein bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari makanan-makanan seperti daging, telur, susu, sedangkan protein nabati didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan. Berikut ini adalah makanan-makanan yang menjadi sumber protein yang kaya untuk memenuhi asupa protein harian kamu.

Daily value (%DV) untuk protein telah ditentukan di angkat 50  gram per hari yang merupakan kadar rata-rata yang dibutuhkan oleh setiap orang. Sementara itu, bagi para atlet atau orang yang ingin membentuk atlet disarankan untuk mengonsumsi protein jauh lebih banyak.