Supaya Tak Lemas, 5 Kesalahan Saat Sahur yang Sebaiknya Dihindari

Senin, 27 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Supaya Tak Lemas, 5 Kesalahan Saat Sahur Yang Sebaiknya Dihindari

Ilustrasi lemas. (Special)

Ladiestory.id - Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sahur agar kondisi tubuh selama berpuasa tetap fit dan segar.

Oleh sebab itu segala asupan energi dan nutrisi akan sangat dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Namun, adapula orang yang mengabaikan sahur dan memilih untuk tidur karena merasa lelah dan kantuk.

Alhasil saat menjalankan ibadah puasa pun kondisi tubuh menjadi tak bersemangat, sulit berkonsentrasi hingga mudah lelah.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut berikut ini lima kesalahan saat sahur yang sebaiknya kamu hindari.

Mengabaikan Waktu Sahur

Ilustrasi mengecek HP. (Special)

 

Yup, biasanya bangun saat waktu dini hari untuk menjalankan ibadah sahur seseorang merasa sangat berat untuk melakukannya, hal ini bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak terbiasa untuk mengonsumsi makanan dan minuman saat malam hari maupun kondisi kantuk yang tak tertahankan sehingga seseorang lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya sehingga harus mengabaikan waktu sahur.

Hal ini lah yang dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi mudah lemas saat sedang menjalankan ibadah puasa, apalagi kamu sambil melakukan pekerjaan maupun aktivitas. Nah, usahakan untuk membiasakan diri untuk makan sahur walaupun hanya mengonsumsi makanan sedikit saja untuk sumber energi dalam tubuhmu.

Makan dalam Jumlah Banyak

 

Ilustrasi makan banyak. (Special)

 

Akibat bersemangat menyambut puasa keesokan harinya kamu akan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat sahur supaya tubuh dapat tetap kenyang hingga waktu berbuka puasa tiba.

Eits, hal ini juga tidak baik dilakukan, Ladies. Makan dalam jumlah banyak saat sahur sebaiknya tidak disarankan karena dapat membuat kondisi perutmu menjadi begah bahkan bermasalah sehingga munculnya gangguan pencernaan, maag bahkan kembung, lho. Sebaiknya makan dan minum dengan porsi sedang agar kebutuhan energimu tetap terjaga.

Kurangi Konsumsi MSG

Ilustrasi pasta menggunakan MSG. (Pinterest)

 

Makan tanpa penyedap rasa tentunya akan terasa hambar bukan? Yup, memang benar, tetapi jangan berlebihan, Ladies. Sebaiknya kamu bisa mengurangi penggunaan MSG pada makanan sahurmu. Hal ini dikarenakan dapat membuat tubuhmu merasa haus dan dehidrasi.

Walaupun sudah minum banyak air saat sahur namun tetap saja tubuh akan merasa lelah dan haus. Mulai sekarang kamu juga harus cerdas memperhatikan komposisi dan kandungan pada makanan yang hendak kamu konsumsi ya, Ladies.

Kurangi Konsumsi Minuman Manis

Ilustrasi es teh. (Special)

 

Biasanya saat sahur tak lengkap rasanya jika tidak menyediakan minuman teh hangat untuk membuat tubuh lebih segar dan nyaman ketika sahur. Teh juga mengandung kafein yang bersifat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil , bahkan saat berpuasa tubuhmu akan mudah mengalami dehidrasi dan haus. Nah, sebaiknya kamu bisa mengurangi konsumsi minum teh atau minuman manis saat sahur dan perbanyak konsusmi air putih agar tubuhmu tetap terhidrasi.

Tidur Sesudah Sahur

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Nah, hal ini mungkin banyak dilakukan oleh sebagian orang. Langsung tidur sesudah sahur juga dapat menyebabkan seseorang mengalami asam lambung serta mengakibtkan seseroang mengalami gangguan pencernaan.

Alangkah lebih baik, setelah sahur jangan langsung tidur, coba biasakan dirimu untuk berjalan-jalan menghirup udara segar sambil menunggu waktu salat subuh atau mendengarkan ceramah rohani. Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, maka kamu dapat menunggu sekitar satu hingga dua jam sesudah sahur.