Tak Baik Bagi Kesehatan Mental, Perfeksionisme Bisa Sebabkan Hal Ini

Selasa, 30 Januari 2024 | 17:47:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tak Baik Bagi Kesehatan Mental, Perfeksionisme Bisa Sebabkan Hal Ini

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Seorang perfeksionis biasanya ingin segala sesuatu terlihat sempurna, mereka juga cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan yang sangat menantang. Ketika bertemu dengan sikap positif, perfeksionisme dapat menjadi katalisator bagi pengembangan pribadi dan profesional, berkontribusi terhadap kehidupan yang seimbang dan menyenangkan. 

Tapi orang-orang perfeksionis sangat kritis terhadap diri mereka sendiri dan hal-hal yang mereka lakukan. Itu hanyalah salah satu alasan mengapa perfeksionisme bisa menjadi masalah. 

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Nursing Research dan Practice, disebutkan bahwa perfeksionis sangat rentan terhadap gejala depresi. Hal ini terjadi ketika gaya perfeksionisme maladaptif menjadi signifikan secara klinis. 

Menurut penelitian, pola kekhawatiran atas kesalahan yang dilakukan, dan ekspektasi kritik yang melekat pada kecenderungan perfeksionis yang tidak sehat dapat menyebabkan pemikiran menyimpang dan isolasi sosial.

Melansir Healthshots, berikut beberapa dampak yang ditimbulkan dari sikap perfeksionis.

Kecemasan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Orang yang perfeksionis sering kali menetapkan standar tinggi yang tidak realistis bagi diri mereka sendiri. Hal ini menimbulkan kecemasan karena mereka terus-menerus berusaha untuk memenuhi atau melampaui standar-standar ini, karena takut gagal atau dikritik, kata pakar tersebut.

Stres

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Jika ada ketakutan tidak mencapai kesempurnaan, hal itu dapat berujung pada penundaan. Jadi, orang yang perfeksionis mungkin menunda tugas untuk menghindari potensi ketidaksempurnaan, sehingga menyebabkan peningkatan stres.

Rendahnya Harga Diri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Orang yang perfeksionis mengaitkan harga diri mereka dengan pencapaian mereka, membuat mereka rentan terhadap rendahnya harga diri ketika mereka merasa bahwa mereka tidak memenuhi standar tinggi mereka. Kritik diri yang terus-menerus ini dapat mengikis kepercayaan diri seiring berjalannya waktu.

Isolasi Sosial

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Rasa takut dihakimi atau tidak memenuhi ekspektasi tinggi dapat menyebabkan orang yang perfeksionis menarik diri dari aktivitas sosial. Hal ini dapat menyebabkan isolasi dan kesepian.

Takut Gagal

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Orang yang perfeksionis seringkali sangat takut akan kegagalan, menghindari tantangan atau peluang baru yang mungkin tidak menjamin kesuksesan. Ketakutan ini membatasi pertumbuhan pribadi dan profesional seseorang.

Gangguan Hubungan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Perfeksionisme dapat membebani hubungan, karena kebutuhan akan kesempurnaan juga akan melebar kepada orang lain di sekitar. Menetapkan standar tinggi secara terus-menerus kepada orang-orang di sekitar mereka dapat menciptakan ketegangan dan jarak dalam hubungan.

Kelelahan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Perfeksionis tanpa henti dapat mengakibatkan kelelahan ketika individu memaksakan diri hingga mencapai titik kelelahan fisik dan emosional. Mereka mungkin mengabaikan perawatan diri dan gaya hidup seimbang.

Depresi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Efek kumulatif dari dampak negatif perfeksionisme terhadap kesehatan mental, termasuk stres, kecemasan, dan rendahnya harga diri, dapat berkontribusi pada perkembangan atau eksaserbasi gejala depresi.