Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | TAK CUMA HIBURAN, MENOTON DRAKOR JUGA BAIK UNTUK KESEHATAN MENTAL

Tak Cuma Hiburan, Menoton Drakor Juga Baik untuk Kesehatan Mental

LS Health
Penulis: LS Health
Selasa, 03 November 2020 | 04:07:45
Durasi baca: 1 menit, 48 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tak Cuma Hiburan, Menoton Drakor Juga Baik untuk Kesehatan Mental 

Selama masa pandemi virus COVID-19, drama Korea atau drakor semakin naik daun. Beberapa orang menghibur diri dengan menonton drakor. Drama Korea memiliki daya tariknya sendiri yang membuat orang-orang betah berlama-lama menontonya. 

Mulai dari, alur ceritanya yang seru, budayanya, hingga para pemainnya yang ganteng dan cantik. Tak sekadar hiburan, menonton drakor juga mempunyai manfaat bagi kesehatan mental. Apa saja ya? Berikut ini manfaat menonton drakor bagi kesehatan mental. 

Meredakan Stres 

Rutinitas kehidupan sering kali membuat stres. Menonton drama Korea adalah salah satu cara mengatasi stres. Dilansir dari laman Bustle, menonton drakor dapat menciptakan perasaan nyaman. "Ketika pertunjukan dimulai, perasaan menenangkan muncul. Ada peningkatan neurokimiawi seperti serotonin (hormon kebahagiaan). Ketika pertunjukan terasa bersemangat dan lucu, kenaikan serotonin dapat dirasakan,” kata Carla Marie Manly, seorang psikolog klinis. 

Baca juga: Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Carla mengatakan, menonton serial drama bergenre komedi, terkadang kita merasa semua masalah hilang dan seperti orang baru lagi. Hal itu semakin kuat sama menonton bersama orang lain. "Semua efek ini cenderung memerangi dan mengurangi efek tidak sehat dari hormon stres kronis seperti adrenalin dan kortisol," ucapnya. 

Mengurangi Kecemasan 

Stres yang tidak diatasi dapat berubah menjadi kecemasan. Kecemasan memunculkan perasaan gelisah, khawatir, sulit terkonsentrasi, hingga otot kaku dan tegang. Rasa cemas dapat dikurangi dengan melakukan relaksasi, salah satunya menonton acara hiburan seperti serial Korea. 

Menonton drakor dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan menciptakan suasana hati yang gembira. Apalagi beberapa drakor memiliki jalan cerita yang seru dan lucu. 

Memperkuat Mental 

Tak selalu tentang percintaan, serial drama Korea ada yang mengangkat tentang kisah kesehatan mental. Misalnya, tentang perjuangan mereka melawan gangguan mental. Hal ini juga dapat mendukung kamu untuk menjaga kesehatan mental dan tak lemah mental setiap kali menghadapi permasalahan hidup. Bisa pula menjadi 

Memotivasi Hidup 

Selain membahas kesehatan mental, ada pula drakor yang mengangkat kisah perjuangan mereka meraih cita-cita. Tentu saja hal ini tak mudah, bahkan lebih banyak menemukan hambatan. Dari menonton cerita-cerita tersebut, kamu dapat belajar bagaimana para pemain berjuang mewujudkan cita-cita mereka serta menangani masalah yang dihadapi. 

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Untuk Kesehatan Wanita


Pastinya, hal ini dapat memotivasi kamu menghadapi setiap permasalahan dalam hidup,  menjadi kekuatan kamu menghadapi hambatan, dan membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh. 

Drakor Drama korea Manfaat nonton drakor Drakor romantis Drakor lucu

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health