Tak Hanya Manis, Ini 6 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 11 Juni 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tak Hanya Manis, Ini 6 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kesemek. (Special)

Ladiestory.id - Buah kesemek atau Diospyros kaki merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Tiongkok. Di Indonesia, buah ini kurang begitu populer, namun tak sedikit juga yang menyukai buah berkulit orange ini. 

Buah kesemek memiliki cita rasa yang manis dan terasa menyegarkan. Jenis buah ini bisa dimakan secara langsung tanpa perlu diolah lagi. Selain punya rasa yang manis, ternyata kesemek juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ladiestory.id telah merangkum enam manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh. 

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Buah kesemek tergolong jenis buah yang memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi, seperti karotenoid dan katekin. Kedua jenis senyawa antioksidan tersebut berperan sebagai antikanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

Selain itu, terdapat senyawa antioksidan lain seperti  vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid. Kandungan ini juga diketahui membantu menurunkan risiko kanker paru-paru dan penyakit lain seperti penyakit jantung, kanker usus, dan diabetes melitus tipe 2.

Mengurangi Peradangan

Buah kesemek. (Special)

Selain kaya dengan senyawa antioksidan, kesemek juga memiliki kandungan senyawa antiradang. Senyawa ini berfungsi untuk membantu proses pemulihan ketika terjadi peradangan dalam tubuh. 

Selain itu, kesemek juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang berfungsi untuk mempercepat proses pemulihan tubuh. Terdapat juga kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E yang juga dapat membantu melawan peradangan di dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih cepat pulih. 

Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi mata sehat. (Special)

Mengonsumsi buah kesemek secara rutin juga dapat memberikan efek yang bagus bagi mata. Mata akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah kesemek mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Bahkan mengonsumsi satu buah kesemek dapat mencukupi sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian. 

Rutin mengonsumsi buah ini akan membuat fungsi penglihatan dapat terjaga dan terhindar dari risiko degenerasi makula, yaitu jenis penyakit yang menyerang bagian retina mata.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan sehat. (Special)

Dalam buah kesemek juga terdapat kandungan serat. Serat memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan serta dapat membantu merangsang gerakan peristaltik usus, memadatkan feses, hingga mengurangi risiko terjadinya diare dan sembelit. 

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti buah kesemek dapat membuat kamu terhindar dari masalah kesehatan pencernaan seperti diare, sembelit, hingga kanker usus besar. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Manfaat selanjutnya yang akan kamu rasakan jika mengonsumsi buah kesemek secara rutin adalah daya tahan tubuh meningkat. Hal ini dikarenakan dalam buah kesemek terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi bahkan dapat memenuhi sekitar 80 persen kebutuhan vitamin C harian. 

Jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi maka dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini berperan sebagai pelindung agar tubuh tidak terkena infeksi mikroba, virus, jamur, maupun racun.

Melawan Penuaan Dini

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Manfaat terakhir yang dimiliki buah kesemek bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu melawan penuaan dini. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin dan senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini. 

Jadi, dengan mengonsumsi kesemek secara rutin maka kamu dapat terhindar dari gejala penuaan dini seperti melemahnya otot, munculnya keriput, hingga bintik cokelat di wajah.

Ladies, itulah enam manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh. Agar mendapatkan manfaat tersebut, selain mengonsumsi buah kesemek kamu juga perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.