Tak Sekedar Hobi, Ini 6 Manfaat Merajut Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Senin, 13 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Sekedar Hobi, Ini 6 Manfaat Merajut Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Ilustrasi merajut. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, kegiatan merajut umumnya banyak dilakukan oleh wanita khususnya usia paruh baya. Eits, bukan berarti anak muda pun tak menyukai kegiatan merajut yang satu ini. Selain dapat melatih konsentrasi dan memberi ketenangan, ternyata merajut tak hanya sekedar aktivitas dan hobi belaka. Karena merajut pun dapat menyembuhkan berbagai penyakit tertentu, lho. Nah, kegiatan merajut ini pun memiliki enam manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan mental seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Ilustrasi merajut. (Special)

Ladies, kegiatan merajut ternyata dapat membantu mengurangi depresi dan juga kecemasan pada seseorang, lho. Hal ini dikarenakan kegiatan merajut membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh dengan apa yang kamu lakukan, selain itu kamu pun akan melupakan berbagai macam hal buruk yang sedang kamu rasakan, tak hanya itu merajut pun akan meningkatkan rasa percaya diri bahkan kamu pun akan merasakan ketenangan dan rasa kualitas hidup menjadi semakin meningkat.

Mengurangi Stres

Ilustrasi merajut. (Special)

Selain dapat mengurangi depresi dan kecemasan, merajut juga dapat mengurangi rasa stres, hal ini dikarenakan merajut dapat memberikan efek meditasi pada tubuh seseorang sehingga secara tidak langsung dapat membantu menurunkan rasa emosi, beban pikiran serta denyut jantung yang kencang. Tak hanya itu melakukan kegiatan merajut pun dapat membantu meredam sinyal dan rasa sakit dalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Motorik

Ilustrasi merajut. (Special)

Ladies, manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari merajut ialah dapat membantu meningkatkan fungsi motorik. Yup, merajut dapat merangsang otak serta meningkatkan fungsi motorik. Oleh sebab itu, kegiatan merajut pun dapat membantu mengurangi rasa sakit pada seseorang untuk yang mengalami gangguan motorik seperti Parkinson.

Mencegah Gangguan Kognitif

Ilustrasi merajut. (Special)

Ladies, melakukan kegiatan merajut juga dapat mencegah terjadinya gangguan kognitif, lho salah satu diantaranya yakni demensia. Selain itu, ada pula penelitian yang menyatakan bahwa melakukan aktivitas merajut ini dapat membantu menghilangkan perasaan apatis serta mengurangi perubahan mood khususnya pada pasien yang mengalami gangguan alzheimer. Nah, dapat disimpulkan jika kegiatan merajut ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat pada seseorang.

Ilustrasi merajut. (Special)

Kegiatan merajut yang memerlukan fokus, ketenangan dan konsentrasi ini dapat membuat seseorang menjadi merasa lebih rileks. Maka dari itu banyak pula yang beranggapan bila melakukan kegiatan merajut dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kortisol maupun otot-otot yang tegang. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas tangan serta jari jemari yang bergerak secara berulang dengan pola tertentu.

Menguatkan Otot Tangan

Ilustrasi merajut. (Special)

Kegiatan merajut tentunya dilakukan dengan tangan dan jari-jemari yang secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kekuatan pada otot lengan dan tangan. Jika aktivitas ini sering dilakukan maka dapat membantu meningkatkan otot tubuh serta dapat menghindarkan seseorang untuk terhindar dari radang sendi maupun tendinitis.

Nah, Ladies itulah ke enam manfaat dari merajut yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mental. Tak hanya sebagai hobi, kamu pun bisa melakukan kegiatan ini untuk mengisi waktu senggang serta dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Selain itu, aktivitas merajut ini pun dapat membantu mengatasi berbagai masalah psikologis serta penyakit tertentu, apabila kamu memiliki gangguan kecemasan maka tidak ada salahnya untuk mencoba aktivitas merajut sebagai salah satu cara untuk meditasi pada dirimu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.