8 Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Tanaman Apotek Hidup Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Foto: Tirto

Ladiestory.id - Apotek hidup adalah pemanfaatan lahan untuk menanam tanaman obat. Biasanya sebagian tanaman ditanam di halaman rumah, tanaman obat ini memiliki banyak khasiat bahkan ada juga yang bermanfaat sebagai anti kanker dan juga menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Lantas apa saja tanaman yang termasuk apotek hidup? Simak ulasannya di bawah ini.

Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya 

Inilah 8 tanaman yang termasuk dalam apotek hidup.

1. Daun Singkong

Foto: Aladokter

Daun singkong ternyata bukan hanya enak dimakan, daun ini juga membantu kamu melancarkan buang air. Sehingga kamu tak perlu lagi mengonsumsi fiber buatan. Selain itu, daun singkong  juga cocok buat kamu yang kurang darah dan regenerasi sel. 

2. Belimbing Wuluh

Tidak semua orang tahu, belimbing wuluh ternyata dapat menghilangkan panu. Selain itu, buah ini juga bisa mengobati diabetes, batuk, gondok, rematik, pegal linu, hipertensi dan jerawat. 

3. Daun Jarak

Foto: Tribunmakassar

Pernahkah kamu mendengar bila getah daun jarak berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi? Ternyata, bukan hanya itu khasiatnya, ada banyak manfaat lainnya. Daun ini bisa mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan juga rematik.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya, selain segar jika dimakan dan dijadikan minuman, juga punya banyak khasiat. Di antaranya mengobati penyakit diabetes, sembelit, radang tenggorokan, ambeien, penyubur rambut, batuk yang membandel, sakit kepala, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.

5. Bawang Putih

Foto: GDMOrganik

Bukan hanya dibutuhkan untuk bumbu masakan, bawang putih juga punya khasiat yang luar biasa. Di antaranya anti virus dan bakteri, anti inflamasi, menurunkan tekanan darah, antioksidan, dan terhindar dari infeksi saluran pernapasan. Jadi, jangan ragu untuk menanam bawang putih di halamanmu, ya.

6. Daun Pepaya

Meski daun ini terasa sangat pahit, tapi khasiatnya luar biasa, lho. Daun pepaya merupakan obat anti malaria. Selain itu juga merupakan anti kanker dan bisa menghambat perkembangan bakteri jahat. Bila kamu sedang haid dan perut terasa sangat sakit, daun pepaya bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan nyeri haid.

7. Taoge

Foto: Tanipedia

Meski ada beberapa orang yang tak suka dengan taoge ternyata jenis sayuran yang satu ini punya banyak khasiat. Sebagian orang mengkonsumsi tauge untuk memiliki kulit yang indah. Tapi taoge juga kaya akan serat. Selain itu, sayuran ini juga baik untuk kesehatan mata dan jantung. 

8. Daun Cincau

Selain segar dan meredakan panas dalam, daun yang kerap dibuat minuman ini ternyata sangat baik untuk pencernaan. Kalau kamu sulit buang air besar, cukup peras daun cincau dan minum airnya dua kali sehari. Pencernaanmu akan lancar kembali tanpa harus menggunakan bahan kimia. 

Itulah 8 tanaman apotek hidup dan manfaatnya bagi kesehatan. Apakah kamu sudah menanam tanaman apotek hidup di rumah?