6 Tanda Hewan Peliharaan Alami Kesepian dan Cara Mengatasinya

Kamis, 23 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

6 Tanda Hewan Peliharaan Alami Kesepian Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. (Special)

Ladiestory.id - Kegiatan yang dipastikan dapat menyita waktu dan memerlukan sebuah kesungguhan untuk melakukannya adalah merawat hewan. Selain menyediakan makanan dan juga tempat tinggalnya, sebagai si pemilik, Kamu juga harus menjalin kedekatan dengan peliharaanmu.

Kamu bisa menghabiskan waktu bersama dengan bermain atau sekedar mengajak ngobrol. Hal itu sudah cukup untuk menjalin bonding dengan hewan, loh. Hal ini disebabkan karena hewan juga dapat merasa kesepian. Apalagi ketika posisi hewan tersebut merupakan satu-satunya peliharaan yang ada di rumah.

Oleh karenanya, ayo ketahui ciri-ciri yang menandakan jika peliharaanmu sedang kesepian dan bagaimana cara mengatasinya. 

Peliharaan Berubah Menjadi Lesu

Ilustrasi anjing. (Special)

Salah satu cara mengetahui apakah peliharaanmu kesepian atau tidak adalah dengan memperhatikan perubahan sikapnya. Apakah dia yang awalnya suka bergerak lincah tiba-tiba saja berubah menjadi lesu?

Joe Alcorn selaku dokter hewan di Care Animal Hospital, California mengatakan, bahwa salah satu tanda jika hewan peliharaan merasa kesepian adalah ia akan tidak bergairah untuk bermain. Maka, solusi yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mencoba untuk mengajak bermain atau keluar rumah untuk bertemu hewan lainnya.

Suka Mengikutimu Kemana Saja Kamu Pergi

Ilustrasi anjing. (Special)

Hewan peliharaan akan menunjukkan jika ia ingin dimanja atau bahkan merasa sudah tidak diperhatikan lagi ketika mereka jadi sering mengikuti kemanapun kaki pemiliknya melangkah.

Lebih lanjut, hewan peliharaan terindikasi mengalami separation anxiety apabila mereka tidak melihatmu. Setelahnya, mereka akan mengeluarkan suara rengekannya. Mengutip Insider, berikan sebuah perhatian ekstra dengan keberadaanmu yang ada disekitarnya. Dan jangan lupa, ketika Kamu akan meninggalkannya, berikan pula sebuah mainan untuk menyibukkan mereka agar tidak kesepian.

Waktu Tidur Lebih Lama dari Biasanya

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Cara hewan peliharaan lainnya untuk menghindari rasa bosan dan kesepian adalah dengan memilih untuk tidur dalam waktu yang cukup lama daripada sebelumnya. Mereka akan menjadi cranky di malam hari ketika telah menghabiskan banyak waktu tidur di siang hari.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hewan peliharaan dari tidur lamanya tersebut? Melansir Hearts, pastikan Kamu memberi banyak asupan air agar peliharaanmu tidak merasa lelah karena dehidrasi, ya.

Rontoknya Bulu

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Caroline Wilde, selaku dokter hewan di Trupanion menyatakan, hewan yang khawatir dengan ketidakhadiran pemiliknya seringkali over grooming. Hal ini tentu menjadi penyebab kerontokan rambut, terutama di perut bagian bawah. Kondisi inilah yang kerap disebut bare belly syndrome.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya pencegahan terhadap rontoknya bulu hewan peliharaan dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin A dan E. Jangan biarkan peliharaammu kekurangan asupan vitamin tersebut karena dapat mengganggu produksi keratin, yaitu komponen utama rambut.

Hilang Nafsu Makan

Ilustrasi kucing persia. (Specail)

Untuk hewan peliharaan yang kesepian, perubahan nafsu makan dapat menjadi pertanda red flag. Apalagi ketika ia menolak saat ditawari makanan kesukaannya dan hanya lebih memilih untuk mengendus-endus tempat minum atau makanannya.

Melansir Wag Walkingseparation anxiety menjadi alasan paling umum mengapa nafsu makan peliharaanmu menjadi berkurang. Hal ini dapat terjadi apabila peliharaanmu tidak memiliki hiburan lain ketika ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Perilaku Destruktif

Ilustrasi kucing. (Spesial)

Ditinggalkan sendirian adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh beberapa peliharaan. Rasa takut tersebut akhirnya bisa menimbulkan perilaku destruktif. Entah itu mencakar perabotan, mengunyah sepatu, bahkan buang air sembarangan.

Walaupun terdapat hewan yang terus-terusan merengek, perilaku yang sering dinamakan dengan excessive howling ini menjadi pertanda jika mungkin mereka merasa bosan dan kurang semangat tanpa kehadiran pemiliknya. 

s