Suara Hewan Peliharaan Bisa Jaga Kesehatan Mental? Ini Kata Ahli

Jumat, 26 Januari 2024 | 11:47:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Suara Hewan Peliharaan Bisa Jaga Kesehatan Mental? Ini Kata Ahli

Ilustrasi binatang kesayangan. (Pexels.com/Christopher Schruff)

Ladiestory.id - Menghabiskan waktu bersama hewan kesayangan memang memberikan dampak positif untuk para pemiliknya. Seperti diketahui, memiliki peliharaan dapat memberikan kebahagian sampai menjaga kesehatan mental.

Namun tahukah kamu, selain keberadaan hewan di rumah ternyata suara yang mereka keluarkan dapat memberikan efek luar biasa lho. Misalnya seperti merdunya kicauan burung riang yang bisa membuat kamu merasakan ketenangan saat mendengarnya.

Suara merdu dari hewan lainnya tanpa disadari seakan membawa kamu menikmati ephoria seperti sedang di alam bebas. Sehingga, hal-hal kecil yang sering dihiraukan ternyata sangat berkontribusi terhadap mental. 

Ilustrasi Kucing Tidur. (Cattime)

 

Melansir dari India Times Online, Bhanu Dec, Co-CMO & Co-CCO, MaxPetZ menjelaskan bahwa selain suara burung, dengkuran kucing yang tengah tidur juga dapat memberikan ketenangan.

Bukan cuman kucing, gonggongan dari mulut anjing juga dapat memberikan efek relaxing dan beberapa manfaat lainnya. Maka dari itu, ia menyebutkan teman ‘Bulu’, seperti anjing dan kucing, sangat berperan penting dalam menciptakan suasana persahabatan dan keamanan. 

Penelitian menunjukan bahwa, kehadiran hewan dapat mengurangi rasa kesepian dan nantinya akan timbul sebuah rasa tanggung jawab hingga tujuan hidup yang lebih jelas. Misalnya tanggung jawab untuk bekerja giat agar bisa membelikan makanan terbaik untuk anabul (anak bulu), agar mereka tumbuh besar, sehat dan panjang umur. 

Ilustrasi lovebird bersuara merdu. (Pexels.com/Engin Akyurt)

 

Tak hanya itu, beberapa suara bahkan bisa membangkitkan perasaan sayang, suasana romantis hingga membuat hati berbunga-bunga. Bahkan sering kali suara dari hewan peliharaan seperti berirama lho.

Seperti suara kaki kuda yang sedang berjalan, memberikan efek menenangkan saraf karena mendengar detakan tiap langkah yang terus berulang. Mereka bertindak sebagai bentuk meditasi alami yang membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan efek relaksasi tanpa disadari. 

Para peneliti juga menjelaskan bahwa orang yang sering cemas dapat dengan mudah tenang, ketika ia menghabiskan waktu bersama peliharaan kesayangannya. Bermain bersama hewan peliharaan dan mendengarkan dengan baik suara yang mereka keluarkan bisa menjadi latihan yang baik untuk kesehatan mental.