5 Tanda Ibu Mengandung Bayi Perempuan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Tanda Ibu Mengandung Bayi Perempuan

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Ladiestory.id - Ibu yang sedang mengandung memiliki perasaan yang sangat bahagia. Kemudian beberapa orang di sekitar pasti menanyakan jenis kelamin dari si jabang bayi.

Sebagai orangtua pun pasti antusias mengetahui jenis kelamin sang anak. Biasanya, jenis kelamin bayi dalam kandungan diketahui dari hasil pemeriksaan dokter.

Namun, rupanya ada beberapa indikasi yang bisa dilihat dan dirasakan untuk menunjukan jenis kelamin anak. Yuk ketahui 5 tanda seorang ibu mengandung anak berjenis kelamin perempuan.

Kondisi Kulit dan Rambut Berminyak

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Salah satu ciri yang menjadi tanda sedang hamil anak perempuan bisa dikenali dari kondisi rambut dan kulit. Pasalnya, pada beberapa kasus, ibu hamil anak perempuan mengalami kondisi kulit berminyak. Terlebih, kalau sebelumnya, ia memiliki jenis kulit kering, maka kemungkinan besar memang mengandung anak perempuan.

Tak hanya dari kulit, namun rambut pun juga bisa berminyak jika mengandung anak perempuan. Beberapa orang memercayai bahwa kondisi rambut dan kulit kusam ini menjadi ciri anak yang sedang dikandung berjenis kelamin perempuan.

Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Pasalnya, saat seorang wanita mengandung, menjadi hal yang lumrah memiliki perubahan hormon produksi.

Selain karena hormon, biasanya ibu hamil tidak akan merawat diri seperti saat ia masih gadis. Hal ini juga bisa menjadi salah satu pemicu kulit dan rambut menjadi lebih berminyak dibandingkan biasanya.

Bentuk Perut saat Mengandung

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Khususnya di Jawa, beberapa tetangga akan memiliki opini jika melihat kondisi atau bentuk perut ibu hamil. Dari bentuk perut saja, mereka sudah mengetahui jenis kelamin si jabang bayi. Bahkan, tak jarang jenis kelamin itu menjadi bahan taruhan bagi tetangga atau pun keluarga besar.

Jika ibu hamil memiliki bentuk perut menonjol dan lebih lebar ke masing-masing arah, kemungkinan jenis kelamin anak adalah perempuan. Sebaliknya, jika bentuk perut menonjol runcing ke depan, maka kemungkinan anak berjenis kelamin laki-laki.

Sangat Mual dan Muntah

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Sebenarnya, mual dan muntah menjadi dua tanda atau dampak dari ibu mengandung. Kedua hal ini sangatlah wajar dialami oleh ibu hamil.

Namun, apabila kondisi ini sangat parah hingga di luar kendali, bisa menjadi satu indikasi bahwa anak yang dikandung berjenis kelamin perempuan.

Terlebih kondisi ini akan dialami pada pagi hari atau biasa disebut morning sickness. Pasalnya, kondisi ini disebabkan kadar hormon kehamilan HCG akan lebih banyak saat mengandung anak perempuan dibanding anak laki-laki.

Namun, memang hal ini bukan menjadi suatu bukti akurat. Pasalnya, kondisi mual dan muntah berlebihan juga bisa disebabkan karena kadar gula darah sangat rendah.

Stres Parah

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Nah, poin keempat ini bisa menjadi bukti yang kuat. Seorang ibu hamil yang mengalami tingkat stres parah, bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang mengandung bayi perempuan.

Pasalnya, hal ini sudah dibuktikan melalui studi pada 2012. Dalam studi itu menuliskan bahwa ada hubungan antara kadar hormon stres kortisol dan rasio kelahiran bayi laki-laki serta perempuan. Ibu hamil dengan tingkat kortisol tinggi secara statistik lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan.

Kemudian, studi pada 2013 juga mengungkapkan hal yang sama. Pasalnya, di pulau Zakynthos tingkat kelahiran bayi laki-laki menurun. Hal ini disebabkan lantaran banyak ibu hamil yang stres saat pulau tersebut sedang dilanda gempa. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa ibu hamil yang sedang dalam kondisi depresi cenderung mengandung anak perempuan.

Ukuran Payudara

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Ibu yang mengandung anak perempuan bisa dilihat dari ciri fisik bentuk ukuran paudara. Pasalnya, pada kehamilan memasuki trimester pertama, maka bentuk payudara akan berubah.

Biasanya ibu hamil dengan kondisi payudara yang ikut membesar mengindikasikan sedang mengandung anak perempuan. Terutama, jika payudara kiri lebih cepat besar dibandingkan sebelah kanan, maka bisa menjadi salah satu tanda mengandung bayi perempuan.