Tanda-tanda Kamu Sudah Masuk Dalam Toxic Relationship

Selasa, 27 April 2021 | 20:52:54

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tanda-Tanda Kamu Sudah Masuk Dalam Toxic Relationship

Toxic Relationship adalah ketika hubungan yang dijalani tidak lagi menyenangkan dan tidak membuat aman bagi diri sendiri ataupun orang lain. Hubungan ini akan membuat kamu yang merasa lebih buruk. Sebenarnya, ketika kamu mulai memasuki Toxic Relationship itu sudah ada tanda-tandanya loh, namun banyak dari kita kurang menyadari tanda-tanda tersebut karena memang tidak mudah untuk mengenali dan mengakui bahwa kamu berada di toxic relationship.

Nah berikut adalah tanda-tanda kamu sudah masuk dalam toxic relationship:

Mengancam Hubungan

Jika pasanganmu sering mengeluhkan sesuatu yang sederhana atau masalah yang terjadi dengan cara mengancam komitmen hubungan secara keseluruhan, maka ini adalah tanda kamu memasuki toxic relationship. Misalnya, pasangan mengatakan “aku tidak bisa mengencani orang yang dingin padaku” dibandingkan dengan mengatakan “Aku merasa kadang kamu bersikap dingin padaku” dan menanyakan penyebabnya. Kamu dibuat ketakutan dan tertekan dengan setiap langkah dan menghasilkan krisis komitment. Hal ini adalah bentuk manipulasi yang dilakukan pasanganmu.

Pasangan Menginginkan Dirimu Sepenuhnya

Ketika pasanganmu menginginkan dirimu untuk memutuskan hubungan dengan teman atau keluarga atau keduanya, ini merupakan tanda kamu berada dalam toxic relationship. Mengisolasi pasangan dari teman maupun keluarganya merupakan bentuk upaya kendali dan manipulasi yang dilakukan pasangan dengan menjauhkan pihak lain yang dapat mengganggu kendalinya.

Cemburu Berlebihan

Beberapa orang mungkin berkata bahwa cemburu adalah tanda pasangan menyayangimu. Namun, cemburu yang berlebihan tentu berbeda bukan? Tindakan yang mengatasnamakan cemburu seperti marah ketika kamu berinteraksi, baik telepon, mengirim pesan atau bermain dengan orang lain sehingga membenarkan tindakan mengecek handphone, meretas akun emailmu, mengetahui seluruh password sosial media, bahkan mengikuti kemana pun kamu pergi bukanlah tanda sayang. Hal seperti ini adalah bentuk ketidakpercayaan terhadapmu.

Membangun “Dinding” Komunikasi

Komunikasi berperan penting dalam menjalin hubungan yang sehat. Kamu dan pasangan perlu membicarakan berbagai macam hal terkait hubunganmu dengannya bersama. Namun, jika pasangan terus menolak membicarakan topik penting tertentu dalam hubunganmu dengannya kemudian mengalihkan pembicaraan tersebut itu berpotensi memasuki area toxic relationship. 

Menghitung Kesalahan Pasangan

Salah satu tanda toxic relationship adalah kamu dan pasanganmu berdebat atau berselisih karena suatu masalah. Namun, kalian tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi melainkan saling mengungkit siapa yang memiliki kesalahan paling besar. Dimulai dari kesalahan saat itu hingga masalah lain di masa lalu. Mengungkit kesalahan pasangan merupakan tindakan membenarkan apa yang dilakukan dirimu atau dirinya bukan menyelesaikan masalah tersebut. Dalam kondisi seperti ini, kamu atau pasanganmu sedang memanipulasi pasangan untuk merasa bersalah.

Setiap hubungan layak untuk diperjuangkan, namun jika suatu hubungan dirasa tidak lagi menghubungkan kamu dengan pasangan, maka sudah saatnya untuk diakhiri.  Ingatlah bahwa kamu berhak untuk bahagia, berhak untuk dikasihi dan mengasihi. Hubungan yang baik akan membuatmu merasa tenang, nyaman dan membuatmu bebas menjadi diri sendiri.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com