Terinspirasi dari Greta Gerwig, Barbie Luncurkan Koleksi Boneka ‘Women in Film’

Kamis, 11 Januari 2024 | 16:57:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Terinspirasi Dari Greta Gerwig, Barbie Luncurkan Koleksi Boneka ‘Women In Film’

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Ladiestory.id - Kesuksesan film ‘Barbie’ yang digarap oleh sutradara Greta Gerwig pada Juli 2023 lalu membuat Mattel, yang merupakan rumah produksi dari boneka Barbie, meluncurkan koleksi ‘Career of the Year’ dengan tema ‘Women in Film’.

Koleksi ini menampilkan boneka Barbie yang dirancang untuk mewakili perempuan yang bekerja di berbagai profesi dalam bidang film. Koleksi ‘Women in Film’ hadir dalam empat boneka yang di antaranya terdiri dari studio eksekutif, sutradara, sinematografer, dan aktris.

Pada boneka Barbie dengan profesi studio eksekutif terlihat boneka dengan outfit mini skirt yang dipadukan dengan kaus berwarna putih serta blazer. Karakter boneka studio eksekutif itu juga dilengkapi dengan heels berwarna hitam, kacamata, serta dilengkapi mainan smartphone.

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Selanjutnya pada boneka Barbie dengan profesi sutradara terlihat mengenakan jumpsuit berwarna denim, sneakers warna terang. Penampilannya juga dilengkapi dengan headset serta potongan naskah film yang digenggam.

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Untuk profesi sinematografer, Mattel memberikan outfit santai pada bonekanya kali ini, yakni hanya dengan mengenakan kaus berwarna pastel dengan tulisan ‘Chase Dreams’ yang dipadukan dengan celana serta sneakers. Karakter boneka sinematografer juga dilengkapi dengan aksesori clapper board.

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Selanjutnya pada karakter boneka aktris, memiliki outfit yang mewah, berbeda dengan karakter boneka lainnya. Karakter boneka aktris mengenakan strapless dress berwarna merah muda yang berhias full payet dan heels berwarna silver. Karakter aktris itu juga dilengkapi dengan kalung, gelang, serta piala penghargaan.

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Koleksi ini diluncurkan sebagai langkah untuk menyoroti isu ketidakadilan gender yang terus menghantui industri film, khususnya dalam peran di luar kamera.

Keempat boneka Barbie baru ini bergabung dengan lebih dari 250 boneka karir yang telah dirilis sejak franchise merek ‘Career of the Year’ dirilis pada tahun 2010 silam. Sejak itu, boneka-boneka bersejarah ini telah terjun ke berbagai industri seperti kedokteran, sains, jurnalis. dan ilmu komputer.

Barbie Women in Film. (creation.mattel.com)

Pada tahun 2023, Barbie memperkenalkan boneka Women in Sports, yang menampilkan Manajer Umum, Pelatih, Wasit, dan Reporter Olahraga. Sedangkan pada tahun 2022, Barbie memperkenalkan Tim Eco-Leadership sebagai Career of The Year, yang terdiri dari Chief Sustainability Officer, Conservation Scientist, Renewable Energy Engineer, dan Environmental Advocate.