Ternyata Setiap Bunga Memiliki Arti yang Berbeda Lho! Pikirkan Dahulu Sebelum Memilih

Kamis, 1 Juli 2021 | 19:54:03

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ternyata Setiap Bunga Memiliki Arti yang Berbeda Lho! Pikirkan Dahulu Sebelum Memilih

foto:ladiestory.id

Dikutip dari wikipedia, Bunga atau kembang adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga. Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik.

Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence.

Bunga adalah sebuah elemen yang membuat dekorasi yang semakin cantik dan juga manis. Kesegarannya bahkan dapat membuat sebuah ruangan yang polos berubah lebih indah dengan instan. Nyatanya, banyak arti bunga yang begitu dalam di balik keindahan mereka.

Selain dipakai untuk dekorasi, bunga-bunga ini juga sering dijadikan hadiah untuk seseorang yang kita sayangi.

Sebagian besar wanita menyukai bunga. Dalam setiap perayaan seperti ulang tahun, anniversary, pernikahan, bahkan berduka cita sekalipun, bunga memiliki peran penting.

Rasanya hampir tak dapat dibayangkan jika ada sebuah pesta pernikahan tanpa bunga sedikitpun. Keindahan warna, bentuk, serta aroma bunga yang begitu beragam jenisnya sudah menjadi hal penting selama berabad-abad untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti parfum, sabun, pembersih, dan berbagai produk lainnya.

Hal ini pula terjadi dalam sebuah hubungan, bunga bisa diibaratkan sebagai lambang apresiasi tentang ketulusan, persahabatan, sukacita, cinta, dan lainnya.

Untuk kaum pria, memberikan bunga kepada kekasih atau istri bahkan untuk ibu, tentu akan meninggalkan kesan mendalam di hati mereka sang penerima. Ini bisa menjadi sebuah bentuk pernyataan kasih yang indah dan menyentuh.

Disebut sebagai floriografi atau bahasa bunga, beberapa bunga telah mendapatkan makna simbolis yang menarik sejak abad pertengahan walaupun penggunaan kosa kata semacam ini hanya menjadi luas melalui zaman Victoria dan seterusnya.

Floriografi dipakai sebagai alat komunikasi untuk mengekspresikan perasaan yang tidak bisa diucapkan. Floriografi dipakai oleh hampir semua orang yang memberi bunga apakah mereka sadar akan bahasa atau tidak–tidak perlu terbiasa dengan bahasa bersejarah untuk mengetahui bahwa mawar merah melambangkan cinta yang penuh gairah dan cinta. Di bawah ini kami akan memberikan arti-arti bunga supaya kamu dapat mengetahui sebelum membelinya.

Bunga Matahari

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Menurut cerita yang telah berkembang, bangsa Spanyol yang menjelajah Benua Amerika pada masa dulu mengira bunga matahari terbuat dari emas murni. Pastinya hak itu salah besar. Semenjak saat itu, bunga dengan warna ceria ini pun dianggap memiliki makna “kekayaan palsu”.

Bunga Chamomile

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bunga Chamomile sering dipakai sebagai dekorasi dan juga untuk dikonsumsi dalam bentuk teh. Chamomile sendiri kerap disangkut pautkan dengan nuansa tenang. Itu kenapa pada saat bersantai, meminum teh bunga ini sering dilakukan orang-orang.

Pada abad ke-19, bunga ini dijadikan perlambang energi dalam satu kesatuan. Ternyata di balik tampang manisnya, tersimpan arti yang begitu kuat ya.

Bunga Mawar Merah

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Mawar merah merupakan simbol dari keromantisan. Warna merah sendiri melambangkan keberanian dan memiliki keinginan kuat untuk menjaga pasangannya. Kamu juga bisa memakai rangkaian bunga mawar merah untuk menyatakan “aku cinta kamu” pada momen romantis kamu.

Bunga Tulip

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bunga tulip menggambarkan permohonan maaf, pernyataan cinta, kepedulian, kemewahan, semangat tinggi, dan persahabatan. Namun secara umum, bunga tulip menggambarkan cinta yang sempurna. Bila warnanya bermacam-macam, bunga tulip memiliki makna keindahan cinta yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Bunga Peony

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bunga peony mewakili karakter berkelas dan natural. Bunga ini pun melambangkan keberuntungan, dan dikenal sebagai bunga kemakmuran dan kehormatan. Peony juga terkadang dikaitkan dengan pengundang jodoh dan keabadian pernikahan.

Nah, bila kamu ingin membeli bunga untuk orang terkasihmu. Ketahui dulu makna di baliknya, ya.

Berita Terkait