Tetap Relax, Begini Cara Mudah Mengolah Stress Baik

Selasa, 22 Desember 2020 | 00:28:19

LS Health

Penulis : LS Health

Tetap Relax, Begini Cara Mudah Mengolah Stress Baik

Jika berbicara soal stres, semua orang pasti pernah mengalaminya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari urusan pekerjaan, kuliah, keluarga, hubungan dengan kolega, dan lain sebagainya. Jika kamu memang tidak bisa menghindari stres, jangan biarkan sampai stres terjadi berkepanjangan.

Pasalnya, munculnya stres membawa berbagai gejala, antara lain mudah berpikir negatif, merasa gelisah, gampang marah, kesepian, dan sulit menenangkan pikiran. Alhasil, stres sendiri bisa memberikan efek negatif terhadap produktivitas dan juga kesehatan kamu. Jika stres yang kamu alami masih tergolong ringan, cobalah cara menghilangkan stres dari pikiran yang mudah dan bisa dipraktikkan sekarang juga di bawah ini!

Mengambil Napas Dalam-dalam

Cara menghilangkan stres pikiran yang pertama dan paling mudah dilakukan saat ini adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Langkah ini bisa membantu mengurangi stres, rasa cemas, serta menurunkan kadar kortisol. kamu bisa memulainya dengan duduk tenang di tempat yang nyaman dan sepi. Lalu, tutup kedua mata dan ambil napas lewat hidung secara dalam-dalam selama dua hitungan. 

Ternyata dengan menulis, menggambar, bahkan mencoret di atas kertas bisa menjadi cara menghilangkan stres pikiran. Cara ini dikenal dengan sebutan doodling. Cara ini membantu mengurangi rasa gugup dan menenangkan pikiran. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu alat tulis seperti kertas dan pulpen yang sudah kamu miliki. Dengan begitu, doodling bisa dilakukan secara mudah di sela-sela pekerjaan kamu yang menumpuk!

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan ritme lembut juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Hal ini karena mendengarkan musik bisa membuat pikiran lebih tenang, mengalihkan perhatian, serta meningkatkan mood. Sebaliknya, bila mendengar musik yang ritmenya keras, kamu malah akan jadi lebih stres dan terganggu.

Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi bisa sebagai salah satu cara menghilangkan stres pikiran. Pasalnya, olahraga rutin mampu melatih tubuh agar bisa merespon stres secara lebih baik. Perlu diketahui, stres bisa membuat tekanan darah kamu jadi meninggi, otot menegang, dan detak jantung kamu lebih cepat. Dengan melakukan olahraga bisa menurunkan dan menormalkan kondisi-kondisi ini.

Menghirup Aromatherapy

Aromatherapy ternyata juga bisa bantu hilangkan stres. Dengan menghirup aromanya yang menenangkan, kamu mampu merasa lebih rileks, nyaman, serta melupakan sebentar tekanan atau masalah yang sedang kamu hadapi. Bukan hanya itu saja, aromatherapy sendiri bisa merangsang saraf di otak yang berperan untuk mengatur emosi dan membantu memperbaiki suasana hati. Jadi, mulai sekarang, jangan lupa untuk sediakan aromatherapy di rumah atau di meja kantor, ya!

Sumber Foto Utama: Freepik.com