TikTok Akan Luncurkan Fitur Baru untuk Pengguna yang Sering Lupa Waktu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:55:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Tiktok Akan Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Yang Sering Lupa Waktu

Ilustrasi orang sedang merekam video TikTok. (businessinsider.com)

Ladiestory.id - Aplikasi sosial media TikTok kini membawa perubahan baru untuk terus tetap menyenangkan dan menghibur penggunanya. Banyak konten video yang dibuat oleh sesama pengguna dan tidak sedikit pengguna lainnya juga menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat konten tersebut.

Sebagai wadah penyedia konten, TikTok nantinya akan menerapkan fitur baru yang akan ditujukan untuk mendukung kesejahteraan digital penggunanya.

“Kami berharap fitur kesejahteraan digital baru ini terus mendukung komunitas kami dalam membina hubungan positif dengan TikTok,” ungkap salah satu juru bicara TikTok yang dikutip dari XDA Developers, Sabtu (11/6/2022).

Fitur pertama akan memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat istirahat selama satu sesi menonton. Pengguna akan dapat menentukan waktu yang mereka rasa cukup dan setelah batas waktu tercapai.

Hal ini akan dapat terlihat ketika prompt yang akan muncul yang menunjukkan bahwa istirahat harus dilakukan.

Fitur kedua akan datang dalam bentuk dasbor waktu pada layar. Fitur ini bertujuan agar pengguna dapat melihat berapa banyak waktu yang mereka habiskan di platform.

Beberapa data yang disertakan di dasbor akan berupa ringkasan waktu harian yang dihabiskan di aplikasi, berapa kali aplikasi dibuka, dan laporan penggunaan untuk siang dan malam.

“Kami akan terus berinvestasi dalam melindungi kesejahteraan orang-orang sehingga komunitas kami dapat merasa mengendalikan pengalaman TikTok mereka dan diberdayakan untuk mengekspresikan kreativitas mereka, membuat koneksi yang bermakna, dan menikmati hiburan yang mendefinisikan budaya,” kata pihak TikTok lagi.

Nantinya, dengan kehadiran kedua fitur baru tersebut, TikTok akan mulai membagi ke dalam kelompok usia, khusus untuk yang berusia 13 hingga 17 tahun prompt hanya akan muncul jika pengguna menggunakan layanan selama lebih dari 100 menit dalam satu hari.

Kemudian daripada itu, TikTok juga akan menawarkan panduan baru bagi mereka yang penasaran dan ingin informasi lebih lanjut tentang kesejahteraan digital mereka sendiri.

Sebelumnya fitur baru yang dikembangkan TikTok baru-baru ini yaitu memperkenalkan layanan berlangganan LIVE baru. Dengan fitur LIVE yang dimaksudkan dapat memberikan cara baru untuk pengguna mendapatkan pendapatan dari aplikasi TikTok.

Selain itu TikTok juga memperkenalkan Avatar, bersamaan dengan perayaan Pride and Black Music Month.