5 Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Modus Penipuan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar Dari Modus Penipuan

Ilustrasi Belanja Online (pinterest)

Ladiestory.id - E-commerce memang menjadi pilihan yang mudah dan praktis di tengah kondisi seseorang yang tidak memungkinkan untuk pergi berbelanja ke tempat tujuan. Berbelanja online juga sangat memudahkan seseorang untuk bertransaksi dengan mudah dan aman.

Namun, di balik kemudahan itu semua ada saja penjual yang tidak bertanggung jawab dan tidak amanah dalam menjalankan usahanya, bahkan ada saja diantara mereka yang nekat untuk menipu para korbannya. Oleh karena itu, untuk mewaspadai terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berbelanja online, berikut tips yang bisa kamu lakukan, Ladies. Simak yuk!

Review Kualitas Online Shop

Review Kualitas Olshop (pinterest)

Sebelum membeli barang-barang di online shop, sebaiknya kamu telaah terlebih dahulu toko online tersebut. Walaupun jumlah followers-nya terbilang banyak, akan lebih baik jika kamu jangan mudah terkecoh. Tak hanya itu, kamu pun dapat melihat kualitas dan kepuasaan pelanggan melalui platform online yang tertera pada online shop tersebut.

Biasanya, pada situs e-commerce juga terdapat review pelanggan yang memberikan testimoni dari kualitas produk yang dijual dan respons penjual terhadap pembeli. Selain itu, agar lebih berhati-hati dan tetap aman, kamu bisa mengecek kredibilitas penjual baik pada contact person atau perusahaan yang tertera.

Perhatikan Katalog Produk yang Dijual

Perhatikan Katalog Produk (pinterest)

Ladies, jangan mudah tertarik dengan promo harga jual yang murah dari beberapa e-commerce maupun penjual online shop dari harga aslinya. Kamu pun juga harus wasapda dan berhati-hati dengan kualitas produk yang dijual pada platform online, karena barang yang terlihat asli atau original belum tentu dijual sesuai kualitas barangnya.

Terkadang, barang yang di-posting justru berbeda dari aslinya ketika sampai ke tangan pembeli. Kamu juga bisa memperhatikan atau menanyakan kepada penjual apakah barang yang dijual memang sesuai seperti yang di-posting atau keasliannya bisa berbeda. Kamu pun bisa mengecek review atau testimoni dari para pembeli agar kamu tidak merasa dirugikan.

Selektif Memilih Situs E-commerce

Selektif Memilih E-commerce (pinterest)

Supaya kamu tidak was-was saat berbelanja online, sebaiknya pilihlah situs e-commerce yang aman dan terpercaya, jangan mudah terpengaruh akan promo-promo menarik guna menarik perhatian konsumen. Karena terdapat toko online yang menjajakan produknya dengan memberikan testimoni palsu untuk menarik minat para konsumennya agar mereka mudah percaya.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Situs Belanja Online

Perhatikan Syarat dan Ketentuan (pinterest)

 

Supaya kamu tidak mudah percaya akan iklan promosi yang ditayangan pada media elektronik dan media sosial, kamu juga bisa memastikan bahwa situs online tersebut benar-benar aman dan terpercaya.

Setiap situs belanja tentunya tidak asal-asalan mengelola kebijakan dalam memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya. Mereka juga memiliki syarat dan ketentuan khusus yang wajib dilakukan oleh para konsumen yang ingin memasarkan produknya bahkan ingin berbelanja pada platform online yang disediakan. Pastikan pula data pribadimu aman dan tidak mudah dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan Proses Transaksi

Perhatikan Proses Transaksi (pinterest)

Berbelanja online di media sosial dan situs e-commerce kurang lebih tidak jauh berbeda. Baiasanya, para admin online shop di media sosial akan mencantumkan nomor handphone admin atau penjual yang bisa dihubungi. Tak jarang, mereka mencantumkan pula nomor rekening pada akun media sosialnya.

Alangkah lebih baik kamu dapat mengecek kredibilitas nomor rekening penjual agar tidak tertipu. Biasanya, dalam melakukan transakasi pembayaran pada situs e-commerce juga menyediakan beberapa opsi pembayaran misalnya cash on delivery (COD), Paypal, bahkan transfer via ATM.

Hal ini diupayakan agar konsumen dapat bertransaksi secara mudah, aman, dan nyaman. Terus berhati-hati dan waspada walaupun berbelanja itu menyenangkan ya.

s