Tak Perlu Panik! 5 Tips Atasi Grogi Bertemu dengan Calon Mertua

Kamis, 21 Juli 2022 | 15:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Perlu Panik! 5 Tips Atasi Grogi Bertemu Dengan Calon Mertua

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Ladiestory.id - Bertemu dengan keluarga besar calon pasangan adalah selalu yang dinantikan. Terkadang ada perasaan senang hingga grogi tak karuan yang membuat suasana hati menjadi dag-dig-dug hingga jantung berdegup kencang. Apalagi, jika hal ini baru pertama kali dirasakan ketika hendak bertemu dengan calon mertua.

Daripada perasaanmu jadi tak karuan, atasi dengan 5 tips mengatasi rasa grogi ketika bertemu calon mertua berikut ini.

Pilihlah Pakaian yang Sopan dan Nyaman

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Kesan pertama yang baik akan memberikan hasil yang baik pula selanjutnya. Sebelum bertemu dengan calon mertua, sebaiknya kamu bisa siapkan segala hal untuk mensukseskan rencana awalmu.

Gunakanlah pakaian yang sopan dan nyaman, serta tidak terlalu mencolok. Karena dari penampilan seseorang, juga bisa memperlihatkan karakter dan kepribadian sesungguhnya.

Jangan berpenampilan terlalu over, hal ini justru membuat pandangan calon mertua terhadap dirimu bisa berbalik arah.

Bersikap Tenang

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Yup! Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan bersikap tenang dan rileks. Meskipun memang wajar jika merasa grogi jika baru pertama kali bertemu dengan orang tua pasanganmu. Kamu sebisa mungkin harus mengatasinya agar segalanya berjalan lancar dan mulus, tanpa kendala sedikit pun. 

Untuk mengatasi rasa grogi yang tak terbendungkan, kamu pun bisa sedikit menarik dan membuang nafas secara perlahan atau membaca doa supaya urusanmu berjalan dengan lancar.

Nggak cuma kamu yang merasa deg-degan, bahkan pasanganmu bisa jadi juga merasakan hal yang sama untuk mengetahui bagaimana respon dari kedua orang tuanya terhadapmu.

Nah, cobalah ambil sikap tenang dan tetap sopan. Karena kamu tahu apa yang akan menjadi tujuanmu sehingga berikan kesan yang baik kepada calon mertuamu.

Sebaiknya ungkapkan tujuanmu dengan tertata dan tetap berkomunikasi dengan sopan. Jangan membuat dirimu tegang, cobalah untuk santai agar pembicaraanmu menjadi teratur dan lancar.

Nikmati Prosesnya

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Ketika kamu sedang berhadapan dengan calon mertua, coba jalani dengan santai dan nikmati segala prosesnya. Kamu datang memiliki tujuan dan niat baik untuk menemui orang yang akan menjadi bagian dari keluargamu kelak. Maka dari itu, cobalah untuk menikmati prosesnya, siapa tahu dengan niat baikmu ini, kamu akan mendapat kesan positif dari mereka pula.

Kamu pun bisa membuka pembicaraan yang tentunya membuat calon mertuamu juga ikut merespon segala usahamu. Lama-kelamaan pembicaraan yang seru justru bisa mengakrabkan kalian, loh. Bisa jadi lampu hijau sudah ada di depan mata, loh.

Sampaikan Maksud dan Tujuanmu

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Kamu pasti memiliki tujuan untuk bertemu dan berhadapan lansgsung dengan calon mertuamu kelak. Tidak hanya bersilaturahmi, kamu juga perlu menyampaikan apa yang akan menjadi tujuanmu.

Salah satu hal pertama yang terpenting adalah first impression ketika kamu menemui mereka. Nggak masalah kalau kamu memulainya dengan berbasa-basi. Anggap saja sebagai permulaan untuk membuka suasana supaya kamu nggak tegang.

Jangan sampai kamu sia-siakan momen pertemuanmu dengan mereka menjadi biasa-biasa saja. Kamulah yang harus bisa menciptakan suasana menjadi lebih baik.

Ungkapkan segala maskud dan tujuanmu selanjutnya dengan jelas, setelah kamu mendapatkan hasilnya, maka kamu pun akan tahu bagaimana arah dan tujuanmu selanjutnya.

Jika kamu saja bisa mengambil hati orang yang kamu sayangi, kamu pun tentunya pasti bisa mengambil hati kedua orang tuanya, dong! Yuk, semangat meraih hati calon mertua!.

Bawakan Buah Tangan

Ilustrasi Bertemu dengan Calon Mertua. (Pinterest)

Jika kamu ingin berkunjung ke rumah calon mertua, coba bawakan mereka buah tangan atau bingkisan kecil seperti buah-buahan maupun kue.

Kamu pun bisa menanyakan apa makanan kesukaan calon mertua kepada kekasihmu. Nah, cara ini pun bisa kamu gunakan sebagai salah satu misi untuk menarik simpati dari calon mertuamu dan alhasil mereka pun akan merasa senang karena telah dihargai, loh.