Biar Lebih Produktif, Yuk Terapkan 5 Tips Atasi Rasa Malas Ini!

Senin, 22 Agustus 2022 | 16:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Biar Lebih Produktif, Yuk Terapkan 5 Tips Atasi Rasa Malas Ini!

Ilustrasi Rasa Malas. (Pinterest)

Ladiestory.id - Rasa malas yang kerap datang menghampiri dapat membuat seseorang menjadi kurang produktif. Hal ini bisa berdampak melewatkan banyak kesempatan penting dalam hidup.

Minim aktivitas akibat rasa malas yang tinggi justru bisa membuat seseorang menjadi kurang bergairah dan bersemangat dalam menjalani hari. Namun, rasa malas yang tumbuh pada diri bisa dicegah dengan lima tips berikut.

Cari Tahu Titik Malasmu

Ilustrasi mencari tahu titik malas. (Pinterest)

Mengatahui titik atau penyebab rasa malas dapat membantu mengurangi kecenderungan untuk tidak melakukan sesuatu. Akan ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang enggan melakukan sesuatu yang bisa mendorong dirinya agar menjadi produktif.

Misalnya, pekerjaan yang dilakukan selalu monoton dapat menyebabkan rasa jenuh dan bosan, sehingga kamu merasa malas menjalani aktivitasmu atau ada hal lainnya yang membuat mood-mu menjadi tidak baik ketika hendak menjalankan sesuatu.

Dengan mengetahui titik malas, kamu juga bisa mengubahnya secara perlahan dengan mendorong semangat diri untuk berubah menjadi lebih baik. Kamu bisa mengombinasikan hal-hal yang membosankan atau mengubahnya menjadi lebih fun dengan caramu sendiri.

Miliki Tujuan yang Ingin Dicapai

Ilustrsi Memiliki Tujuan yang Ingin Dicapai. (Pinterest)

Dalam hidup, tentunya seseorang memiliki goals atau tujuan yang ingin dicapai. Tak jarang, dalam setiap pergantian tahun seseorang kerap membuat resolusi agar ia bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik, mulai dari kebiasaan rajin bangun pagi, bisa lulus kuliah hingga bisa memperoleh pekerjaan yang diidam-idamkan.

Dengan memiliki tujuan hidup, tentunya akan membuatmu memberikan arahan jalan mana dan tujuan mana yang hendak kamu lakukan pertama kali. Dengan begitu, waktumu pun akan lebih produktif dan kamu pun akan semakin menghargai waktu yang ada dalam hidupmu.

Bangun Rutinitas

Ilustrasi Menjalani Rutinitas. (Pinterest)

Adanya tujuan akan membuat kamu semakin fokus untuk melangkah dan hal apa yang pertama kali hendak kamu mulai lakukan. Dengan mengetahui hal apa yang akan kamu lakukan, kamu pun bisa membangun sebuah rutinitas agar tujuanmu terus berjalan. Dengan begitu, rasa malasmu semakin berkurang dan kamu pun akan menjadi lebih disiplin untuk mencapai tujuan.

Bangkitkan Mood Jadi Lebih Baik

Ilustrasi Bangkitkan Mood Lebih Baik (Pinterest)

Mood atau perubahan suasana hati seseorang tentunya bisa berubah-ubah. Terkadang membuat seseorang menjadi senang, bahkan menjadi malas.

Rasa malas yang timbul pun bisa dikarenakan perubahan mood yang tidak signifikan, sehingga seseorang menjadi tidak ingin melakukan apapun. Jika diabaikan, hal ini juga bisa sangat berakibat fatal bagi kesehatan mental.

Maka dari itu, untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan hal-hal kecil yang bermanfaat bagi dirimu, seperti berolahraga, berjalan kaki, mendengarkan musik, hingga bermain dengan hewan peliharaan. Hal ini dilakukan agar bisa mengembalikan rasa malas dan mengubah mood-mu menjadi lebih baik.

Bersosialisasi dengan Orang-Orang Produktif

Ilustrasi Bersosialisasi dengan Orang-orang Produktif. (Pinterest)

Jika kamu hanya berdiam diri tanpa bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang baru, tentunya duniamu akan terasa hampa. Kamu pun akan menjadi mudah lesu, malas dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun.

Mulai sekarang, bangun circle pertemanan yang lebih produktif agar bisa memacu semangatmu untuk aktif dan maju. Bertemanlah dengan orang-orang produktif agar dirimu bisa termotivasi seperti mereka.

Jika rasa malas tak kunjung hilang dari dirimu, sebaiknya coba ubah pola hidupmu menjadi lebih baik. Dukungan dari orang sekitar juga sangat berpengaruh untuk produktivitas hidupmu. Semoga bermanfaat!