5 Tips Sehat Bekerja Seharian di Depan Komputer

Kamis, 17 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Tips Sehat Bekerja Seharian Di Depan Komputer

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Ladiestory.id - Banyak di antara Kamu yang memiliki rutinitas menghadap komputer saat bekerja. Padahal, terlalu lama di depan komputer dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, loh.

Contohnya seperti risiko penambahan berat badan akibat kurang gerak, sakit kepala atau pusing, pegal di bagian leher, pinggang dan bahu sampai mata lelah. Lantas, bagaimana tips sehat bekerja di depan komputer?

Atur Posisi Duduk yang Benar

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Kamu dapat merasakan sakit punggung jika duduk dengan asal-asalan. Sebisa mungkin posisikan punggung harus lurus nyaman dengan tempat duduk yang memiliki sandaran.

Di sisi lain, leher mesti tegak, paha lurus dengan kursi serta sejajar dengan lantai. Jarak antara mata dengan layar komputer juga perlu diperhatikan.

Jangan membungkuk ketika sedang duduk, punggung bagian bawah akan terasa sakit setelah duduk dalam waktu lama jika posisi duduk Kamu salah. Posisi duduk tegak lurus bisa Kamu jadikan solusi dengan menarik pinggang ke sudut kursi hingga menyentuh sandarannya.

Agar tidak perlu membungkuk saat mengetik, pastikan keyboard cukup dekat dalam jangkauan. Gunakan kaki keyboard (jika ada) dalam mengatur kemiringan keyboard.

Supaya posisi bahu tetap santai, lalu atur posisi keyboard senyaman mungkin. Jangan lupa letakkan mouse di posisi yang bisa dijangkau dengan mudah.

Atur Monitor dan Tampilan Layar

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Atur posisi monitor dengan tepat serta senyaman mungkin. Supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit punggung dan leher, atur posisi monitor jangan terlalu bawah dari pandangan mata.

Agar juga tidak menimbulkan kesehatan mata, jangan atur terlalu ke atas. Beri jarak minimal sekitar 50 cm antara jarak pandang mata dengan layar monitor.

Usahakan jangan terlalu kecil dalam mengatur tampilan di layar. Supaya mata tidak kelelahan, jangan membuat kecerahan layar terlaku terang. Di sisi lain, sesuaikan juga penerangan yang ada di ruangan. Ketahui juga apakah filter cahaya harus dipasang pada layar monitor.

Terapkan Teknik 20-20-20

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Bukan hal yang asing lagi jika banyak yang menggunakan teknik 20-20-20. Apalagi para pekerja kantoran yang setiap hari harus berhadapan dengan layar komputer.

Teknik ini adalah ketika Kamu telah menatap layar selama 20 menit, maka Kamu mesti mengalihkan pandangan ke benda berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Gejala ketegangan mata, mata lelah, mata kering dan iritasi dapat berkurang jika menggunakan teknik ini. Untuk lebih mudah, Kamu dapat memasang alarm setiap 20 menit sekali agar tidak lupa. 

Regangkan Badan

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Luangkan waktu untuk meregangkan badan saat sedang bekerja menggunakan laptop. Dengan meregangkan badan, Kamu bisa menghilangkan stres dan me-refresh tubuh.

Pikiran juga menjadi lebih tenang setelah lama berhadapan dengan layar laptop. Setiap 2-3 jam sekali jangan lupa lakukan peregangan atau relaksasi.

Kamu bisa melakukan peregangan dengan duduk ataupun berjalan keliling ruangan untuk menghilangkan kejenuhan. Bahkan untuk para pekerja Work From Home (WFH) juga dapat menggunakan tips ini agar tubuhnya dapat tetap terjaga.

Agar bisa lebih santai, Kamu dapat melakukan peregangan sembari menghirup udara segar di sekeliling rumah.

Latihan Pergelangan Tangan

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Untuk yang terakhir, jangan lupa melakukan latihan sederhana pada jari dan pergelangan tanganmu. Kamu bisa menggerakkan jari atau pergelangan ke atas lalu ke bawah.

Lakukan hal tersebut beberapa kali dalam sehari. Dengan melakukan hal tersebut, Kamu dapat mencegah diri dari risiko Carpal Tunnel Syndrome.