Mau Lamar Kerja? Ini 5 Tips Buat CV yang Menarik di Mata HRD

Selasa, 16 November 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Mau Lamar Kerja? Ini 5 Tips Buat Cv Yang Menarik Di Mata Hrd

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Saat melamar kerja, biasanya kamu memerlukan CV untuk dilampirkan dalam surat lamaran. CV singkatan dari Curriculum Vitae yang artinya daftar riwayat hidup.

CV berisi informasi detail mengenai data diri seseorang, seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan yang dimiliki, hingga pengalaman kerja.

Para HRD akan menyeleksi calon karyawan di perusahaannya dengan membaca CV dari para pelamar kerja. Sehingga bisa dikatakan jika adanya CV memudahkan HRD untuk mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar.

HRD biasanya hanya akan melihat sekilas saja saat menerima CV dari pelamar kerja. Oleh karena itu, jika CV kamu tidak menarik maka akan sangat kecil peluang untuk diterima bekerja.

Cara Membuat CV yang Bisa Menarik Mata HRD

Banyak sekali fresh graduate maupun para pencari kerja yang membuat CV dengan se-kreatif dan sepanjang mungkin agar dilirik oleh HRD. Namun seringkali CV yang demikian justru tidak diminati oleh HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.

Agar kamu berpeluang diterima berkerja, sebaiknya ubah CV kamu menjadi lebih menarik. Tidak perlu banyak ornamen atau terlalu panjang, cukup lakukan berbagai tips berikut ini.

1. Hanya Tuliskan Komponen CV yang Perlu Saja

Foto: Ladiestory.id

Ada beberapa komponen informasi yang harus ditunjukkan pada sebuah CV. CV yang baik dan efektif harus bisa menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh HRD. Tulis beberapa komponen yang perlu saja pada sebuah CV, antara lain:

  • Identitas diri
  • Pendidikan
  • Personalitas
  • Keterampilan
  • Proyek dan pengalaman kerja
  • Training atau pelatihan yang pernah diikuti
  • Informasi tentang diri kamu lainnya

Pastikan semua infomasi tersebut kamu tulis dengan singkat dan jelas agar nyaman dibaca oleh pihak HRD.

2. Gunakan Desain yang Sederhana Namun Tetap Menarik

HRD lebih menyukai CV dengan desain yang simpel namun tetap informatif. Perhatikan komposisi warna yang digunakan ada desain CV kamu. Pilih yang tidak terlalu mencolok dan pastikan tulisan pada CV bisa terbaca dengan jelas.

Saat pemilihan font juga perlu kamu perhatikan, yangmana sebaiknya pilih yang terlihat elegan dan tetap mudah dibaca. Saat menyusun komponen informasi dalam CV juga sebaiknya tertata dengan baik. Jangan lupa untuk menonjolkan skill, pengalaman kerja, dan prestasi kerja yang pernah diraih.

3. Cantumkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Foto: Ladiestory.id

Agar CV kamu terlihat menarik, sebaiknya pilah-pilah pengalaman kerja yang ingin dimasukkan. Pastikan pengalaman kerja yang tercantum di CV memang memiliki relevansi yang tinggi untuk posisi yang sedang dilamar.

Misalnya ketika kamu ingin melamar kerja untuk pekerjaan graphic designer, maka sebaiknya masukkan pengalaman kerja yang berhubungan dengan posisi yang ingin kamu lamar agar memiliki nilai plus di mata HRD.

Jika kamu masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, maka bisa masukkan hard skill ataupun soft skill yang dikuasai selama kuliah.

4. Cantumkan Kontak yang Aktif

Pastikan kontak seperti nomor handphone, alamat email, dll yang kamu cantumkan dalam CV memang aktif. Tujuannya memudahkan pihak HRD untuk sewaktu-waktu menghubungimu jika lolos ke tahap selanjutnya.

5. Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing Kamu

Foto: Ladiestory.id

Jika kamu jago menggunakan berbahasa Inggris, maka tidak ada salahnya jika CV kamu ditulis menggunakan bahasa Inggris. Tentunya ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi HRD saat menyeleksi lamaran pekerjaanmu.

Itu tadi cara membuat CV menarik agar bisa dilirik oleh HRD. Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan, semoga tips ini bermanfaat buat kamu.