4 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat dan Efektif

Rabu, 24 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat Dan Efektif

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Masalah bau mulut yang tak sedap menjadi masalah umum yang dapat menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Memang sulit untuk mencium bau mulut sendiri, melainkan orang lain lah yang mencium dan menilainya. Tapi, kamu tak perlu khawatir ada banyak cara menghilangkan bau mulut. 

Penyebab Umum Bau Mulut

Bau mulut umumnya disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Bila kamu tidak rajin menyikat gigi, maka akan memicu bakteri dan kuman tumbuh dalam mulut. 

Bakteri yang berkembang dan menempel dalam mulut itulah yang disebut dengan plak dan bila plak tidak dibersihkan dengan menyikat gigi, maka akan menghasilkan bau tak sedap atau bahkan terjadi pembusukan gigi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Ada beberapa cara cepat untuk menghilangkan bau mulut, yaitu antara lain:

1. Menggosok Gigi

Foto: Ladiestory.id

Menggosok gigi dengan teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam hari adalah cara umum untuk menghilangkan bau mulut. Tapi jangan asal menggosok gigi, gunakan teknik yang benar agar hasilnya optimal. 

Jangan menggosok gigi terlalu kencang karena akan merusak enamel gigi, asal mula timbulnya gigi sensitif. Gunakan juga pasta gigi yang mengandung fluoride, karena flouride dapat melindungi gigi dari kerusakan.

2. Pakai Obat Kumur

Foto: Jawapos

Cara cepat dan efektif untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur. Selain dapat menghilangkan bau mulut tak sedap, berkumur dengan obat kumur juga akan membersihkan seluruh rongga mulut dari plak atau sisa makanan. 

Kumurlah dengan rutin dan teratur 2 kali sehari sesudah menggosok gigi. Pastikan juga kamu mengetahui cara menggunakannya sebelum memakainya. Bacalah daftar komposisi dan cara pakainya, untuk hasil optimal. 

Penting juga untuk tidak membeli obat kumur dengan kandungan alkohol, karena dapat menjadikan mulut kering, hal ini  justru akan memperparah bau mulut kamu

Gunakan juga obat kumur dengan dosis tepat, jangan gunakan secara berlebihan. Selain itu Anda juga harus paham bahwa obat kumur itu bukanlah pengganti menyikat gigi. 

Karena itu kamu tetap harus menyikat gigi untuk membersihkan gigi dan rongga mulut. Gunakan obat kumur untuk mengurangi kuman dan bakteri serta menyegarkan napas kamu

3. Menyikat Lidah

Foto: Ladiestory.id

Selain menyikat gigi kamu juga harus menyikat lidah untuk membersihkan plak dan bakteri yang bersarang pada lidah. Setelah kamu menyikat gigi, sikat pula bagian lidah kamu ulai dari bagian dalam hingga ujung lidah.

Bila sikat gigi tak mampu menjangkau hingga bagian terdalam lidah, atau penggunaan sikat gigi membuat kamu kurang nyaman, kamu bisa gunakan Scraper yaitu alat pembersih lidah.

Alat ini berfungsi untuk membersihkan sisa makanan, bakteri, dan juga sel-sel kulit mati yang bersarang pada lidah. Cara ini akan membersihkan dan menyegarkan lidah kamu sehingga bau mulut pun akan hilang.

4. Kumur dengan Larutan Soda Kue

Foto: Grid

Cara cepat dan mudah untuk menghilangkan bau mulut yaitu salah satunya dengan berkumur menggunakan larutan soda kue.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa soda kue dapat membunuh bakteri dan kuman yang jadi penyebab bau mulut. Selain itu soda kue juga mampu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Cara menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau mulut yakni dengan mencampurkan  1 gelas air hangat dan 1 sendok teh soda kue. Lalu gunakan untuk kumur selama 30 detik kemudian buang. Untuk hasil maksimal ulangi cara ini beberapa kali.

Itulah informasi dan tips cara menghilangkan bau mulut dengan cepat. Semoga bermanfaat.