Tips Cara Merawat Tanaman yang Baik dan Benar untuk Pemula

Minggu, 12 Desember 2021 | 21:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tips Cara Merawat Tanaman Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Ilustrasi merawat tanaman. (Spesial)

Ladiestory.id - Di era pandemi ini banyak orang yang mengalihkan hobi dan menghabiskan waktunya dengan bercocok tanam. Memiliki tanaman di sekitar rumah, akan menjadikan rumah tampak lebih indah, asri, sejuk dan segar.

Cara Merawat Tanaman yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Merawat tanaman adalah hal yang menyenangkan, terlebih jika kamu memiliki hobi berkebun atau mengoleksi tanaman hias. Bagi kamu yang tertarik dan ingin mulai mencobanya, berikut beberapa tips cara merawat tanaman yang baik dan benar.

Gunakan Metode Penyiraman yang Tepat

Ilustrasi menyiram tanaman. (Spesial)

Pada dasarnya, semua tanaman membutuhkan air agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun kebutuhan air pada setiap tanaman berbeda-beda. Pastikan kamu mengetahui jumlah kebutuhan air pada setiap tanaman yang kamu miliki. Jangan sampai kamu menyiramnya secara berlebihan atau tidak sesuai dengan takaran yang dibutuhkan tanaman. Berikut beberapa metode penyiraman secara tepat pada tanaman yang bisa kamu ikuti:

  • Siram tanaman pada waktu pagi dan malam hari, hal ini bertujuan agar tanaman memiliki cadangan air yang cukup pada siang hari.
  • Siram tanaman secara merata agar bisa tumbuh dengan baik.
  • Siram tanaman dengan air bersih secukupnya, hindari menyiram secara berlebihan karena dapat menutup jalur oksigen dan bisa membuat tanaman sakit.

Berikan Sinar Matahari Secukupnya

Hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam merawat tanaman adalah memberikan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari yang cukup akan membantu tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Umumnya jenis tanaman hias membutuhkan sinar matahari sekitar 3-4 jam setiap harinya. Namun, untuk jenis kaktus, sukulen dan pakis hanya membutuhkan sinar matahari sekitar 2 jam per hari. Sedangkan untuk jenis sayur dan buah-buahan, mereka membutuhkan sinar matahari secara langsung sekitar 6 jam setiap hari.

Berikan Pupuk Secara Rutin

Agar tanamanmu tumbuh dengan sehat dan subur, kamu juga harus memberikan pupuk. Jenis pupuk cukup beragam mulai dari pupuk kompos, pupuk kandang, dan pupuk organik. Kamu bisa sesuaikan dengan jenis tanaman.

Pemberian pupuk bisa kamu lakukan dengan cara menyemprotkan atau menyebarkannya ke permukaan tanah pada tanaman. Pemberian pupuk juga harus secara rutin, karena pupuk merupakan bahan makanan yang bernutrisi tinggi untuk tanaman.

Antisipasi Penyakit Tanaman atau Hama

Ilustrasi hama. (Spesial)

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar mencegah tanaman terkena penyakit atau serangan hama. Beberapa cara tersebut diantaranya:

  • Membersihkan rumput liar di sekitar tanaman
  • Merotasi tanaman secara teratur
  • Menempatkan tanaman di lokasi yang aman
  • Potong Tangkai atau Daun Tanaman yang Kering dan Mati

Tanaman akan mengalami regenerasi seiring berjalannya waktu. Biasanya terdapat beberapa helai daun atau tangkai yang kering dan mati. Jika kamu mengetahui hal tersebut ada pada tanamanmu maka, segera potong bagian tersebut. Dengan kamu memotong bagian yang kering, penyakit tidak akan menyebar ke bagian tanaman yang lain yang masih hidup.

Jaga Kebersihan di Sekitar Tanaman

Menjaga kebersihan sangat penting, hal itu berlaku juga untuk tanaman. Hindari membuang sampah plastik ke tanah sekitar tanaman. Seperti yang kita tahu, sampah plastik, kaleng dan lainnya tidak dapat terurai di tanah dengan baik.

Selain tidak sedap dipandang juga akan memicu penyakit pada tanaman. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan area sekitar tanaman, pangkas bagian tanaman yang tumbuh secara tidak teratur serta buang sisa kotoran yang tak seharusnya berada di sekitar tanaman.

Itulah tips cara merawat tanaman yang baik dan benar. Semoga tanaman yang kamu miliki semakin tumbuh subur dan cantik, ya.