Kebutuhan atau Keinginan? Ini 4 Tips Cermat dan Bijak dalam Belanja Online

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kebutuhan Atau Keinginan? Ini 4 Tips Cermat Dan Bijak Dalam Belanja Online

Ilustrasi belanja online. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu sering belanja online? Selain untuk memenuhi kebutuhan, berbelanja juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, lho! Tidak hanya itu, sejumlah kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan pada kamu, seperti efisiensi waktu dan tenaga, hingga berbagai promo dan keuntungan menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, setiap orang perlu selalu cermat dan hemat saat berbelanja, khususnya untuk kebutuhan bulanan rumah agar keuangan dapat dikelola secara optimal.

Hal pertama yang perlu kamu sadari sebelum berbelanja online adalah apakah produk yang mau dibeli termasuk dalam kategori ‘kebutuhan’ atau ‘keinginan’? Kebutuhan harus selalu didahulukan daripada keinginan. Jika kebutuhan tidak tercukupi, kamu bisa saja mengalami masalah atau kendala dalam beraktivitas.

Dengan menyadari hal ini, kamu akan lebih mudah untuk memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli, meskipun harganya tidak mahal. Nah, agar kamu dapat belanja kebutuhan rumah dan harian dengan lebih cermat dan bijak, yuk simak dan coba terapkan tips berikut ini!

Ilustrasi menulis daftar belanja. (Special)

Menyusun daftar belanjaan dan menentukan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan sangat penting untuk dibuat di awal. Adanya daftar belanja membuat kegiatan belanjamu jadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, dan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli.

Selain itu, kamu jadi tahu skala prioritas belanjaanmu dan tidak mudah tergoda dengan banyaknya tawaran menggiurkan mulai dari produk baru hingga barang diskon yang mungkin saja hanya keinginan sesaat.

Ilustrasi bermain ponsel. (Special)

Sebelum membeli sebuah barang atau benda secara online, jangan lupa untuk menggali banyak informasi terlebih dahulu. Memeriksa gambar dan deskripsi produk dengan cermat. Bahkan, ada beberapa penjual yang sudah menjelaskan produk secara lengkap di deskripsi sehingga membuat pembeli jadi lebih mudah untuk kenal produknya.

Jangan lupa untuk survei harga produk terlebih dahulu. Kamu bisa mulai membandingkan harga dan tawaran terbaik dari beberapa penjual. Lalu, perlu juga memperhatikan sejumlah faktor lain, misalnya garansi, kualitas produk, dan testimoni pembeli agar kamu bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Ilustrasi menabung. (Special)

Kemudahan berbelanja online didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam untuk memberikan kenyaman dan kepuasan pengguna. Banyak sekali pilihan yang dapat digunakan mulai dari metode transfer bank, virtual account, membayar dengan e-wallet, hingga bayar di tempat atau seringkali disebut dengan Cash On Delivery (COD).

COD dihadirkan untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akses ke keuangan digital, di mana kamu dapat memilih untuk COD atau ‘Bayar di Tempat’ secara tunai kepada kurir sesuai dengan nilai transaksi. Bukan hanya itu saja, para pelaku usaha juga dapat menikmati keuntungan dari Shopee COD ini agar dapat memperluas jangkauan produk ke seluruh daerah di Indonesia.

Ilustrasi belanja online. (Special)

Biar lebih hemat, manfaatkan program promo dan diskon yang ditawarkan toko saat belanja online. Saat ini, Shopee kembali mempersembahkan kampanye "Shopee COD 2.2 Sale", sebagai kampanye yang dapat menjadi solusi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab ragam preferensi saat berbelanja online.

"Shopee COD 2.2 Sale" sudah dilaksanakan mulai dari 23 Januari 2023 hingga puncaknya di 2 Februari 2023 dengan berbagai penawaran menarik yang dapat kamu nikmati untuk berbelanja kebutuhan rumah, seperti gratis ongkir se-Indonesia, voucher kilat Rp100 Ribu, hingga voucher diskon.

Shopee. (Special)

”Antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian dengan berbelanja online semakin terlihat. Kali ini, Shopee kembali menghadirkan kampanye COD 2.2 Sale dengan ragam promo menarik agar pengguna dapat lebih bijak memenuhi kebutuhan dengan cermat dan hemat," kata Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.

"Kami menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki preferensi yang beragam ketika hendak berbelanja, seperti pilihan akan ragam kategori produk, sistem pengiriman barang, hingga metode pembayaran, salah satunya yaitu COD. Kemudahan transaksi COD dengan bayar di tempat diharapkan dapat membuka peluang dan kesempatan bagi pengguna dari seluruh pelosok di Indonesia yang ingin berbelanja online yang aman dan nyaman,” pungkasnya.